KabarJambi.net – Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan akan fokus mengembangkan tiga bandara di Jambi pada tahun 2017 dalam upaya meningkatkan perekonomian daerah dan pariwisata.

“Untuk pertama ini kita fokus pada pengembangan tiga bandara yakni Sultan Thaha Syaifuddin Jambi, Departi Parbo Kerinci dan Bandara Bungo,” katanya di Jambi, Senin.

Bandara Sultan Thaha Jambi akan diupayakan bertaraf internasional sedangkan Bandara Bungo akan ditingkatkan fasilitas pendukungnya.

Sementara Bandara Depati Parbo Kerinci dikembangkan dalam menunjang kabupaten itu sebagai pencitraan pariwisata Jambi.

“Presiden sangat peduli sekali dengan pariwisata, apalagi Kerinci sudah menjadi ‘branding’ pariwisata Jambi. Tentu untuk meningkatkan pariwisata Kerinci pengembangan infrastruktur yang paling tepat adalah bandara,” katanya.

Pemprov Jambi juga telah menganggarkan dana untuk pembebasan lahan perluasan Bandara Departi Parbo.

“Saya sudah tekankan pada Bupati Kerinci untuk segera ditindaklanjuti masalah pembebasan lahan, Pemprov sudah menganggarkan pada tahun 2017 akan datang,” ujarnya.

Pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan kata Zola siap menambah fasilitas yang ada di tiga bandara itu.

Pembangunan dua terminal di Bandara Sulthan Thaha seharusnya dilakukan pada tahun 2019, namun dimajukan pembangunannya pada tahun 2017 dan 2018 kembali dibangun lagi dua terminal.

“Ini langkah awal untuk menunjang Bandara Sultan Thaha Jambi menjadi bandara internasional, kita harus lengkapi persyaratannya. Di samping itu Jambi harus ada tujuan yang diinginkan para wisata yaitu wisata Kerinci. Dan untuk menunjang itu fasilitas Bandara Departi Parbo harus dibenahi,” katanya menjelaskan.

Selain itu, sudah banyak maskapai yang bersedia terbang dari dan ke Jambi via Bandara Sultan Thaha jika semua fasilitas disiapkan.

“Kita rencananya akan buka penerbangan Jambi-Solo, Jambi-Bandung dan Jambi-Padang. Ini perlu dikembangkan,” katanya menambahkan.(***)

sumber : Antara

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY