KabarJambi.net – Perusahaan analisis digital Similar Web  di San Fransisco, Amerika Serikat, melakukan analisis data Android dari total 187 negara. Hasilnya, WhatsApp adalah aplikasi yang paling banyak digunakan di dunia.

Dalam laporannya, Similar Web menyebutkan dari 187 negara yang disurvei, 109 negara atau 55,6 persen menggunakan aplikasi WhatsApp. Negara-negara di mana WhatsApp mendominasi diantaranya Brazil, Mexico, India, Rusia, termasuk Negara-negara lain di Amerika Selatan, Eropa, Afrika, Asia, dan Oseania.

Disusul di urutan kedua adalah aplikasi Messenger besutan Facebook. Messenger digunakan secara dominan di 49 negara, termasuk Australia, Kanada, dan Amerika Serikat.

Setelah Messenger, Viber adalah aplikasi pesan lainnya yang mengklaim 10 atau lebih negara. Aplikasi ini menunjukkan popularitas yang kuat di Eropa Timur dan merupakan aplikasi top di Belarus, Moldova, Ukraina, Irak, Libya, dan Sri Lanka.
Line, WeChat, dan Telegram adalah tiga aplikasi pesan lainnya yang paling banyak digunakan di Cina, Iran, dan Jepang.
Lantas bagaimana dengan BlackBerry Messenger (BBM)? Aplikasi yang dibuat RIM ini masih digunakan oleh public di setidaknya satu negara di dunia: Indonesia!

Pada April 2016, aplikasi ini telah terinstal pada 87,5 persen dari semua perangkat Android di Indonesia, jauh melebihi negara lain dalam hal penggunaan BBM.

Padahal, negara-negara lain sudah mulai meninggalkan BBM. Di AS, hanya 0,42 persen dari Android memiliki aplikasi BBM, sementara Australia dan Inggris menunjukkan penggunaan sedikit lebih tinggi. (am)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here