KABARJAMBI.NET, London – Rekor gol yang diukir penyerang Tottenham Hotspur Harry Kane membuatnya dibicarakan banyak orang, bahkan Arsene Wenger, manajer klub yang pernah membiarkan dia hengkang, tak kuasa turut dalam keramaian ini.

Wenger pernah mengaku “sedikit kesal” ketika mengetahui klubnya membiarkan Kane saat masih berusia sembilan tahun hengkang dari tim junior “The Gunners” junior untuk menjadi fenomena bersama salah satu rival terdekat sekaligus tersengit mereka itu.

Kini, setelah Kane menjadi pemain tersubur Eropa dalam satu tahun kalender ketika Selasa lalu mencetak gol ke-26nya pada 2017 saat Spurs menang 5-2 atas Southampton, Wenger tidak sungkan memuji penyerang klub London Utara itu.

“Ia berhasil dan akankah saya memprediksinya? Dengan kerendahan hati saya akan bilang tidak,” aku Wenger ketika ditanyai pencapaian Kane, Rabu waktu setempat, seperti dikutip Reuters.

“Apa yang ia lakukan telah mengungguli pemain-pemain seperti (Lionel) Messi dan (Cristiano) Ronaldo, yang tidak terkalahkan di kepala saya, maka apa yang dilakukannya benar-benar fantastis.”

Ketika Messi, yang mengoleksi 54 gol untuk Barcelona dan Argentina, dan Ronaldo (53 gol untuk Real Madrid dan Portugal), mengukir sukses di Liga Spanyol, pencapaian penyerang Inggris ini semakin istimewa karena ditorehkan di Liga Inggris yang lebih kompetitif, kata Wenger.

“Ya, itulah mengapa saya bilang apa yang ia capai itu benar-benar menakjubkan,” kata Wenger menggemakan ucapan para pengamat yang berharap pemain 24 tahun itu menjadi alasan sepak bola Inggris dapat bersuka cita menjelang Piala Dunia.

Alan Shearer, yang rekor golnya sepanjang satu tahun kalender adalah 36 gol di Liga Inggris yang dipecahkan Kane saat melawan Southampton dalam perjalannya mengukir hatrik dan membuat ia total telah mengoleksi 39 gol, memperingatkan bahwa aksi heroik Kane akan menarik minat klub-klub raksasa seperti Real Madrid dan Barcelona.

“Tidak terelakkan lagi bahwa mereka akan menghubungi atau menghampiri untuk bertanya, karena ia adalah pemain yang hebat dan tidak akan berada di tempat yang keliru di tim-tim itu,” kata Shearer kepada BBC.

Ia merasa Kane tidak akan mudah meninggalkan Spurs, kecuali mereka gagal memenangi gelar apa pun.

“Merupakan sebuah peringatan besar jika Tottenham dalam dua atau tiga tahun tidak memenangi trofi dan penampilannya masih sebagus ini,” kata Shearer. “Maka ia akan memiliki pertanyaan besar untuk ditanyakan, karena saya yakin klub-klub besar akan menghubunginya.”(ant/mm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here