Ketua Pembina PPSDM Al Qolam, Ahmad Fauzi Ansori, bersama 26 wisudawan.

“Hafizh yang Entrepreneur, Entrepreneur yang Hafizh”

Slogan inilah yang menjadi pondasi tempat berdirinya Al-Qolam Jambi, dari kata ini harapan besar kami muncul untuk mewujudkan Generasi Hafizh Al-Qur’an yang tidak hanya hafal al-qur’an namun juga menguasai Ilmu Agribisnis (Peternakan, Pertanian & Perikanan).

Namun pada kesempatan kali ini kami akan mencoba berbagi tips & cara Menghafal Al-Qur’an dalam jangka waktu 1 Tahun sesuai dengan Program Khusus di PonPes Tahfizh Al-Qolam Jambi, yang langsung disampaikan oleh Ketua Yayasan AL-Qolam Jambi Ust. Henri Masyhur.

dalam Program Khusus ini ada Tiga tahapan :

Tahapan Pertama : Persiapan ( 1 bulan )

Tahapan Kedua : Pelaksanaan ( 8 bulan )

Tahapan Ketiga : Evaluasi ( 3 bulan )

Bulan Pertama, Santri Tahfizh wajib Khatam Al-Qur’an sebanyak 10 kali Non-Stop, sekaligus Talaqqi dan Tahsin bacaan dengan Ustadz pembina.

Bulan Kedua hingga Sembilan, Mulai proses menghafal Al-Qur’an sesuai dengan cara dan kemampuan santri, untuk metode menghafal kami tidak memaksa santri untuk melakukan dengan metode tertentu namun yang pasti mereka harus dapat mengejar target dapat menghafal 3 halaman / hari jika di hitung perbulan kurang lebih 7,5 bulan mereka sudah hafal Al-Qur’an 30 Juz, dan setiap hafal 1 Juz santri wajib mengikuti ujian kelayakan hafalan jika lulus maka diperbolehkan menghafal juz selanjutnya.

Ada metode yang sangat umum/universal dalam menghafal al-qur’an yaitu dengan membaca diulang-ulang beberapa kali kemudian di hafal, semakin banyak diulang ulang membacanya maka akan semakin mudah untuk menghafalnya, boleh diulang per-kata, per-ayat, ataupun per-halaman, sesuai dengan kemampuan dan keinginan masing-masing.

Jika santri sudah menghafal al-qur’an sesuai dengan target, maka langkah selanjutnya,

Bulan Sepuluh hingga Dua Belas, mutaba’ah bagi santri untuk muraja’ah 5 juz/hari dengan ustadz pembina langsung.

yang paling penting adalah menjaga hafalan, bagaimana cara terbaiknya adalah dibaca ketika sholat malam (Qiyamul Lail), selain waktu yang panjang namun juga dapat lebih menguatkan hafalan karena kondisi fikiran yang masih fresh dan jernih.

semoga bermanfaat, dan semakin banyak Generasi Hafizh Al-Qur’an di masa mendatang Aamiin.
Allahmummaj’alna min Ahlil Qur’an

visit us : https://www.facebook.com/profile.php?id=100010254135386

(mg)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY