Ahmad Fauzi Ansori, Burhanuddin Mahir dan Effendi Hatta

KABARJAMBI.NET – Hidup adalah pilihan. Karena itu orang-orang berani membuat pilihan dan lompatan besar Walau tak jarang pilihan itu dianggap ‘gila’ bagi orang lain.

Seperti pilihan ‘nyeleneh’ tiga sosok penting di Partai Demokrat (PD) Jambi ini. Yakni Burhanuddin Mahir (Cik Bur), Effendi Hatta, dan Ahmad Fauzi Ansori.

Rupanya ketiganya memiliki kemiripan sejarah. Yakni sama-sama pernah mengundurkan diri dari status PNS secara dini.

“Saya dulu PNS. Usia 36 tahun mundur, berhenti. Ada yang bilang saya gila karena mau berhenti dari PNS,” ujar Cik Bur, Ketua DPD PD Provinsi Jambi.

Namun Cik Bur sudah kadung bertekad bulat mencopot seragam PNS-nya. Terbukti, pilihan hidupnya tak salah. Ia sukses menjadi pengusaha dan kemudian jadi politisi.

Sebagai politisi, nama Cik Bur melambung tinggi. Dua periode menjabat Bupati Muarojambi. Kini menjadi orang nomor satu di DPD PD Provinsi Jambi.

“Ya inilah pilihan. Saya dak perduli orang bilang apa. Alhamdulillah, ya begini sekarang,” tambahnya lagi.

Pun setali tiga uang dengan Effendi Hatta. Dulunya, ketika ia masih muda, Fendi rupanya pernah berstatus PNS di Dinas Perindag di Kabupaten Sarko.

Gelora jiwa muda Effendi menggelora. Ia pun melompat ke swasta dan menjadi pengusaha dan politisi.

Effendi memang pernah kalah ketika menjadi calon Walikota Jambi, empat tahun lalu. Namun kekalahan itu tak mengurangi catatan gemilang mantan Ketua DPRD Provinsi Jambi ini. Untuk ke sekian kalinya ia kembali sukses menjadi wakil rakyat di DPRD Provinsi Jambi.

“Iya, dulu saya PNS di Sarko. Saya pilih mundur. Ya ini sebuah pilihan,” ujar Fendi yang saat ini menjabat Sekretaris DPD PD Provinsi Jambi.

Kiranya Ahmad Fauzi Ansori memiliki kemiripan. Bedanya, ketua terpilih DPC PD Kabupaten Merangin ini mengajukan pensiun dini dari PNS, awal 2017 lalu. Padahal usianya masih 51 tahun dengan catatan track record yang terbilang sangat gemilang bagi seorang PNS.

Di Kabupaten Merangin, Bang Ojie, pernah menjabat banyak jabatan strategis. Mulai Kabag Keuangan, Kepala Bappeda, hingga Kadis PU.

Di usia 39 tahun ia ditarik ke Pemprov Jambi. Pada usia muda itu ia sudah menjabat jabatan senior, menjadi Asisten III Setda Provinsi Jambi. Lalu tujuh tahun lebih menjabat Kepala Bappeda Provinsi Jambi dan juga pernah menjabat Kadis PU provinsi.

“Seperti Cik Bur. Hidup ini pilihan. Saya pilih mengundurkan diri, pensiun atas permintaan sendiri pada usia 51 tahun. Sekarang mencalonkan diri jadi Bupati Merangin. Tugas saya berusaha dan berjuang, kita lihat nanti apa keputusan Allah. Kita terima dengan ikhlas dan tanpa beban,” ujarnya, Senin (11/9).(mm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here