KabarJambi.net – Taekwondo Kota Jambi segera menyelenggarakan kejuaraan se-Provinsi Jambi, piala Komandan Korem (Danrem) 042 Garuda Putih.

Kejuaraan Taekwondo tersebut merupakan gagasan dari Komandan Kodim 0415 Batanghari, Letnan Kolonel Arm Widodo Noercahyo, selaku Ketua Umum Taekwondo Kota Jambi. Ini juga baru pertama kali dilakukan di Gedung Olahraga Kota Baru. Diperkirakan 600 petarung akan bertanding.

Sedikitnya, dua matras bakal dibentang di lapangan untuk mempersingkat waktu pada 13-15 Januari tahun 2017 di Gedung Olahraga Kota Baru, Kota Jambi.

Ketua Umum Taekwondo Kota Jambi, Letkol Arm Widodo Noercahyo menjelaskan, kejuaraan tersebut berbentuk Kyorugy atau disebut tarung, dan Poomsae atau seni gerakan.

“Kelas pra junior, Junior, senior pemula dan prestasi memperebutkan trophy dan piala juara umum Piala Danrem 042 Gapu,” kata Widodo, di Sekretariat Taekwondo, Jl Urip Sumarhajo, Jelutung Kota Jambi (5/11/2016)

Menurutnya, perkembangan beladiri asal Korea Selatan tersebut saat ini sangat berkembang pesat dan baik dalam skala regional maupun nasional. Begitu pula yang terjadi di Kota Jambi dengan tersebarnya unit latihan di berbagai lapisan di masyarakat umum dan pelajar.

“Ini mengukur kemampuan atlet kita dalam tehnik yang didapat selama latihan guna meningkatkan prestasi yang lebih baik lagi di masa yang akan datang,” ujar Akmil 97 tersebut.

Lanjut Widodo, untuk tarung terbagi beberapa kelas, seperti kelas pemula pra junior usia 6 sampai 13 tahun, kemudian junior 14 sampai 17 tahun, dan senior 18 tahun ke atas. Untuk tarung kelas prestasi, 12 sampai 17 tahun, sedangkan senior 18 tahun keatas.

“Untuk Poomsae atau gerakan seni, kelas pra junior Individual Putra. Juniornya, individual putra – putri, berpasangan, dan beregu putra dan putri,” jelas Widodo.(Afm)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY