KABARJAMBI.NET, Bangko – Debat Publik calon bupati dan wakil bupati Merangin 2018, berlansung hangat. Masing masing pasangan calon mulai memaparkan vissi dan missinya di depan forum.

Pasangan nomor urut SATU, Ahmad Fauzi – Sujarmin (FAJAR) mendapatkan pertanyaan dari panalis melalui pemandu debat, Chacha Annisa, terkait sinkronisasi pertambangan dengan pembangunan daerah Kabupaten Merangin.

Ahmad Fauzi, mengatakan kegiatan pertambangan harus sejalan dengan pemerintah daerah. Pertambangan emas illegal yang sedang marak misalnya, jawabannya pemerintah harus menjawabnya dengan perbaikan tata ruang daerah.

“Solusinya bijaknya adalah tata ruang daerah Merangin harus direview kembali. Sebenarnya zonasi pertambangan ini sudah dipetakan provinsi, hanya saja Pemkab Merangin tidak menindaklanjutinya,” ujar Fauzi.

Kedepan dikatakan Fauzi, langkahnya pemerintah daerah harus mengurus izin zonasi ini ke pusat. Sehingga masyarakat masih bisa makan dari pertambangan, dan pertambangan illegal yang biasanya menjamur tidak lagi bisa dilakukan.

“Jika izin zonasi sudah dapat, masyarakat masih bisa makan dari tambang yang sah. Dan PETI illegal tegas ditindak tidak bisa lagi dilakukan. Disamping itu pemerintah daerah dapat PAD dari tambang ini. Ini solusi tegas,” jelasnya.(may)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here