Bupati Bungo H Mashuri melakukan sidak

Kabarjambi.net – Hari pertama masuk kerja usai libur panjang lebaran Idul Fitri 1438 H, dimulai Senin (3/7). Guna memastikan pelayanan masyarakat berjalan baik, Bupati Bungo H Mashuri (Hamas) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Sidak diawali di kantor kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Kantor Bappeda menjadi OPD kedua yang dicek langsung oleh orang nomor satu di Kabupaten Bungo itu.

Kemudian sidak dilanjutkan ke Badan Pengelola Pajak dan Retribusi dan ke kantor Dinas Dukcapil. Berlanjut ke kantor Dinas Koperasi UMKM Perindag, dan terakhir di Kantor Ketahanan Pangan.

Usai sidak Hamas mengatakan ia ingin melihat kesiapan pelayanan kepada masyarakat di hari pertama masuk kerja itu. Dia juga ingin melihat disiplin ASN.

“Ini kan hari kerja pertama. Libur panjang sama-sama kita rasakan. Saya ingin melihat bagaimana disiplin dan pelayanan usai liburan. Apa masih terlena libur atau sudah siap bekerja melayani masyarakat,” ujar Hamas.

Dari sidaknya itu, Hamas mengatakan ada sejumlah pegawai yang indisipliner. Seperti telat masuk kantor bahkan menambah jatah libur dengan mengajukan izin. Tak hanya ASN, sejumlah tenaga kontrak juga ada yang indisipliner.

“Ada yang tak masuk. Ada yang nambah izin. Saya bilang tak bisa lagi izin-izin tak jelas, kan libur sudah panjang. Apalagi pejabat. Itu jadi catatan khusus. Peraturan perundang-undangan akan jadi dasar penindakan,” ujarnya tegas.

Tak hanya soal disiplin pegawai. Kebersihan kantor juga menjadi salah satu titik perhatian Hamas. Berkali-kali dia mengelap jendela dan kunsen di beberapa kantor yang debunya terlihat jelas.

“Ini tolong dibersihkan. Biar nyaman, sehat. Jadi melayani masyarakat bisa lebih baik,” ujarnya lagi.

Arahan juga diberikan Hamas di depan para ASN. Pelayanan harus dilakukan ikhlas dan tak hanya berpangku tangan menunggu masyarakat mengurus administrasi di kantor. Hamas juga langsung memberikan arahan kepada sejumlah kepala bagian bahkan kepala dinas agar bisa menguasai tugas pokok fungsinya. Termasuk data yang ada di lingkup OPD masing-masing.

“Kerja harus ada terget, jangan menunggu masyarakat datang. Masyarakat kita manjakan. Kita yang datang ke mereka,” pungkas Hamas.(Ferdi/Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here