KabarJambi.net – Kantor Pelayanan  Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) telah diresmikan oleh Walikota Jambi, Sy. Fasha ME di kawasan Kecamatan Jelutung Kota Jambi.

Menurut Fasha, kantor (PATEN) ini didirikan dengan tujuan agar para wirausahawan kecil yang akan mengurus perizinan dapat melalui kantor PATEN tanpa harus melalui BPMPPT Kota Jambi ataupun kantor Walikota.

Begitu juga tambah Fasha, setelah diresmikannya kantor PATEN ini, masyarakat Kota Jambi yang akan  mengurus Kartu Keluarga (KK) ataupun Kartu Tanda Penduduk (KTP) dapat segera langsung ke kantor PATEN.

“Intinya kantor PATEN ini adalah pendelegasian wewenang dari Walikota secara bertahap, misalnya tentang perizinan, izin mendirikan usaha, izin mendirikan bangunan, dan perizinan lainnya dengan skala tertentu, yang telah menjadi kewenangan kecamatan,” tambahnya

Sebagaimana diketahui, upaya Pemerintah Kota Jambi memberikan kemudahan pelayanan untuk mempermudah masyarakatnya itu diantaranya seperti usaha kecil cukup mengurus perizinannya melalui kantor camat dan usaha besar bisa langsung ke BPMPPT.

“Saya sudah melimpahkan sebagian wewenang saya ke kecamatan. Saat ini saya hanya menandatangani izin Amdal dan izin prinsip saja. Diluar itu, cukup melalui BPMPPT untuk usaha skala besar dan kecamatan melalui PATEN untuk usaha kecil,”  terangnya.

Kemudahan PATEN itu dicontohkan Fasha, misalnya ada warga yang ingin mengurus izin mendirikan toko manisan, mereka tidak lagi harus ke Kantor Walikota, namun cukup ke Kantor Kecamatan. Begitu juga dalam kepengurusan KK dan KTP, warga bersangkutan tidak lagi ke Kantor Dukcapil melainkan cukup di Kantor Kecamatan. Pelayanan di Kantor Walikota hanya pelayanan amdal dan izin prinsip saja.

“PATEN ini juga sangat membantu efektifitas pemerintah dalam bekerja. Untuk itu, kepada para Lurah agar dapat mensosialisasikan PATEN ini, tentu saja juga harus didukung oleh para Ketua RT,” tutur Fasha (fa)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY