Kondisi IW yang terbaring sakit dan butuh bantuan

Kabarjambi.net – IW (21) yang menderita HIV/AIDS belum tersentuh bantuan. Sementara keluarganya tak punya cukup biaya untuk perobatan.

Ketua Persatuan Pemuda Mahasiswa dan Pelajar (PPMP) Luhak 16, Alber Trisman, mengatakan pemerintah harus membantu. IW tak seharusnya dibiarkan menderita tanpa pengobatan sebagaimana mestinya.

“Saya kaget mendengar kabar ini. Ini warga Luhak 16. Saya minta pemerintah bantu,” ujarnya, Minggu (9/7).

Ia mengatakan menyayangkan sikap pemerintah yang terkesan diam. Padahal penderita harus mendapat penanganan khusus.

“Ini kan virus mematikan. Harus mendapatkan penanganan khusus. Apalagi keluarga tidak mampu, jadi tanggung jawab pemerintah,” tambahnya.

Kondisi IW diketahui semakin melemah. Bahkan berat badannya tinggal sekitar 20 kg saja. Ia bahkan sudah dua bulan tidak makan nasi. Pasalnya setiap kali makan, rasa sakit mendera di bagian perutnya.

Kondisi IW diketahui dan viral setelah diunggah ke media sosial. Pertama kali diunggah oleh Sartika, pemilik akun facebook Chika Yasuke, Sabtu (8/7) kemarin.

Belakangan diketahui IW adalah warga Kecamatan Lembah Masurai, Merangin. Sartika mengatakan, IW positif HIV/AIDS baru diketahui sekira empat bulan lalu. “Baru sekitar empat bulan ketahui positif,” ujar Sartika, Minggu (9/7).

Sartika mengatakan, sebelumnya IW sering menderita demam. Ia juga sering sakit pada mulut dan perut. Ketika berobat, sembuh, namun kemudian kembali sakit lagi.

Belakangan diketahui ia menderita penyakit yang konon belum ditemukan obatnya tersebut. Pernah berobat ke RSUD Kolonel Abundjani di Bangko, namun kemudian terpaksa dibawa pulang oleh keluarganya karena tidak ada biaya.

“Sekarang ya obat kampung dan obat yang terjangkau saja. Keluarga tidak punya biaya dan sangat butuh bantuan. Sudah dua bulan dak makan nasi, karena minum air putih saja sakit,” tambah Sartika lagi.

Sartika mengaku tahu kondisi ini dari orang tua IW. Pasalnya, warga sekitar terkesan tak peduli. Demikian pula puskesmas terdekat. “Kami sangat merasa kasihan. Orang tuanya dak mampu. Sementara pemerintah dak ada menunjukkan peduli,” tambahnya lagi.(Marsis)

2 KOMENTAR

  1. Ini sekarang pasien masih dirawat di RS ya, tolong infonya…
    Lgi dirawat dimana…
    By : volonter . . . Kanti sehati jambi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here