Kabarjambi.net – Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Republik Indonesia (RI) diperingati dengan meriah dan suka cita di seluruh penjuru tanah air. Bangsa Indonesia mengekspresikan rasa syukur hari kemerdekaan dengan berbagai bentuk.

Ditulis nu.or.id, rasa syukur ini yang ditekankan oleh Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj dalam memperingati HUT RI. Kiai Said memberi pesan bahwa sudah sepatutnya hari kemerdekaan disambut dengan penuh rasa syukur dan gembira.

“Mari menyambut hari kemerdekaan dengan penuh rasa syukur dan gembira dengan tetap menyongsong masa depan yang lebih sukses dan bermartabat,” ujar Kiai Said, Kamis (17/8) di Jakarta.

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Tsaqafah Ciganjur, Jakarta Selatan ini menilai, arti kemerdekaan tidak hanya merdeka secara politik dan geografis, tetapi rakyat Indonesia juga harus merdeka dari sisi ekonomi, budaya, pendidikan, pertahanan, dan lain-lain dengan tetap berupaya mewujudkan keadilan sosial.

Kiai kelahiran Kempek, Cirebon, Jawa Barat ini juga mengajak kepada seluruh bangsa Indonesia agar merawat kemerdekaan dengan penuh semangat dan komitmen tinggi untuk mewujudkan Indonesia yang maju dan jaya.

Tidak lupa Kiai Said juga mengingatkan tantangan Indonesia yang menurutnya tidak mudah di era keterbukaan informasi saat ini.

“Upaya menjaga keutuhan bangsa dan negara mendapat tantangan yang tidak mudah karena tidak jarang tujuan-tujuan mulia dalam merawat negara kerap dibenturkan oleh kelompok-kelompok tertentu untuk memecah belah bangsa,” tandas Guru Besar Ilmu Tasawuf ini. (nu/mm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here