KabarJambi.net – Pertamina dan Hiswana Migas akan melegalkan penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) khusus jenis Pertalite secara eceran mulai November 2016.

Penjualan eceran Pertalite telah dilauching oleh Pertamina di Jakarta, Kota Jambi diperkirakan pada November 2016 mendatang.

Masyarakat yang ingin membuka penjualan eceran bisa dilakukan secara perorangan maupun kelompok.

“Masyarakat yang ingin membuka secara perorangan dengan syarat, KTP, KK, dan termasuk ijin usaha dari Lurah,“ jelas Kepala Biro Administrasi Ekonomi dan Sumber Daya Alam (SDA) Provinsi Jambi, Masheruddin.

Ia menjelaskan, persyaratan akan diterima oleh pihak Pertamina, kemudian Pertamina akan mensurvey lokasi usaha tersebut cocok atau tidak.

“Kalau kondisinya cocok, nanti mereka akan diberikan ijin untuk melakukan penjualan BBM eceran Pertalite ini,” katanya.

Pertamina dan Hiswana Migas telah menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) penjualan BBM secara eceran sehingga semuanya  akan sama tidak ada lagi variasi harga

“Harga sudah diatur HET-nya yang dikeluarkan oleh Pertamina dan Hiswana Migas,“ katanya.

Pelegalan penjualan BBM secara eceran oleh Pertamina pedagang tidak diperbolehkan membeli BBM di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum( SPBU).

Mashearudin mengatakan, pendistribusian minyak tidak perlu diisi di SPBU, akan ada tempat khusus untuk pembelian BBM eceran sehingga literannya tidak bisa dipermainkan.

Penggunaan BBM Pertalite dengan oktan yang lebih tinggi sudah menjadi pilihan masyarakat daripada BBM Premium.

Pemerintah akan tetap menyediakan pasokan BBM jenis Premium dan akan tetap berkoordinasi dengan Pertamina untuk menghindari terjadinya kelangkaan minyak di Provinsi Jambi.

“ Alhamdulillah, Provinsi Jambi dalam tiga tahun terakhir tidak terjadi antrian minyak,“ pungkasnya.(Afm)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY