Inilah ungkapan yang disampaikan salah satu founding father bangsa Indonesia. Hal Ini membuktikan bahwa betapa vital dan pentingnya peran pemuda dalam menciptakan negara yang damai, makmur dan berkeadilan. Untuk mewujudkan itu semua perlu sinergitas dari seluruh komponen bangsa.

sukarno

Berikan aku sepuluh pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia ini”

Sumpah pemuda 28 Oktober 1928 menjadi tonggak bersejarah dan monumental dalam mempersatukan seluruh pemuda nusantara yang berbeda-beda suku bangsa, bahasa, golongan dan agama didalam lingkaran negara kesatuan republik Indonesia.

Akan tetapi pengaruh westernisasi pemikiran dan tingkah laku membawa dampak negatif terhadap perkembangan pemuda Indonesia. Diperburuk dengan kondisi negara yang dipenuhi dengan pemimpin-pemimpin berjiwa kerdil dan berwatak picik. Tapi bagaimanapun juga harapan harus terus tetap bergema dan berkobar karena tidak ada harapan tanpa pemuda pemberani, kreatif dan rasa nasionalisme tinggi dibalut dengan toleransi yang bertanggung jawab.  Kita butuh peran nyata mereka, kita butuh kerja keras mereka, kita butuh rasa ikhlas mereka dan kita butuh pengorbanan yang tulus dari mereka. Tanpa itu semua apalah arti Sumpah Pemuda bagi mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here