KabarJambi.net – Tingginya kasus kecelakaan lalu lintas tahun 2016 membuat pembayaran klaim yang dilakukan Jasa Raharja meningkat dibanding tahun 2015 lalu.

Kepala Unit Operasional Perusahan Pt. Jasa Raharja (Persero) Kota Jambi, Cabang Jambi, Danny Fernando menjelaskan, klaim santunan PT Jasa Raharja cabang Jambi periode Januari sampai dengan bulan Agustus 2016 senilai Rp 11,5 miliar atau meningkat dengan persentase 17,75 % dibandingkan tahun sebelumnya pada tahun 2015 dengan nilai Rp 9,8 miliar.

“Untuk korban kecelakaan meninggal dunia sebesar Rp 6,7 miliar, luka-luka senilai Rp 4,7 miliar, cacat tetap Rp 135 juta dan santunan penguburan Rp 16 juta,” ungkap Danny, Senin (26/9/2016).

Sedangkan tahun 2015, klaim santunan yang dibayarkan sebesar Rp 9,8 miliar, rinciannya untuk korban meninggal dunia disalurkan sebesar Rp 7,1 miliar, luka-luka disalurkan Rp 2,5 miliar, cacat tetap Rp 162 juta dan santuan penguburan Rp 2 juta.

“Dari angka itu diketahui bahwa dana yang disalurkan banyak dibayarkan untuk klaim korban luka-luka meningkat 85,56 %. Pembayaran santunan 2016 meningkat dibandingkan tahun 2015 itu dengan rincian kenaikan santunan untuk korban luka-luka sebesar Rp 4,73 miliar,”  jelas Danny.

Terkait santunan perawatan, elanjutnya Danny menambahkan bahwa Jasa Raharja sudah berkerja sama dengan 11 Rumah Sakit di  Kota Jambi dan beberapa rumah sakit di daerah. Katanya, pihak Jasa Raharja menugaskan petugasnya di Pos Pengamanan Kepolisian yang bertugas untuk mendata peristiwa kecelakaan lalu lintas.

“Jika terjadi kecelakaan lalu lintas maka petugas itu menginformasikan ke pihak rumah sakit yang menangiani bahwa korban kecelakaan ditanggung pihak Jasa Raharja. Kita sudah MoU dengan pihak rumah sakit, jadi kalau ada pasien laka maka biaya perawatan akan ditanggung Jasa Raharja hingga Rp 10 juta,” kata Danny.

Selain itu, Danny juga mengimbau kepada masyarakat untuk mengurus santunan jika ada keluarga yang mengalami kecelakaan. “Kami tidak memungut biaya untuk pengurusan santunan Jasa Raharja, dijamin bebas biaya administrasi,” tutup Danny. (Afm)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY