Kabarjambi.net – Pabrik pakan ikan yang berada di Tangkit, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi yang kini beroperasi dapat memproduksi hasil pakan ikan sebanyak 2 Ton per-hari.

Kemampuan hasil produksi itu dinyatakan setelah pihak Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi telah melakukan uji coba produksi.

“Kemampuan Produksi itu rata-rata 2 ton perhari, sudah kita uji coba maksimalnya itu 2 ton perhari,” ujar Kadis DKP Prov. Jambi Saipudin saat diwawancara diruang kerjanya, Rabu (14/12/2016)

Produksi pakan ikan tersebut masih tergantung dengan pasokan listrik, pasalnya apabila Listrik padam otomatis mesin pembuat pakan ikan tersebut tidak beroperasi.

“Pegawai disana kerjakan per-jam, kalau sehari maksimal kerjanya mencapai 2 ton per-hari, kadang juga satu ton per-hari tergantung mereka produksi, kalau lampu mati memang mereka tidak produksi karena ketergantungan oleh Listrik,” jelasnya.

Pabrik beroperasi setiap hari kerja, mulai hari Senin hingga Jumat, dan para pekerja mulai bekerja pukul 08.00WIB hingga pukul 17.00 WIB kurang lebih mencapai 9 jam bekerja dalam satu hari. Dan pada hari sabtu dan minggu pabrik pakan ikan tersebut tidak beroperasi.

Untuk hasil produksinya, ada beberapa kelompok pembudidaya ikan di daerah tangkit langsung membeli ke Pabrik Pakan ikan, namun hasil pakan ikan tersebut tidak di jual kepada perorangan, karena, kata Saipudin apabila perorangan bisa saja nanti pakan tersebut di Stok.

“Tujuan pabrik pakan ikan ini, menyediakan pakan murah kepada pembudidaya ikan, alhamdulillah kita jual hasil pakan ikan itu Rp 4.800 perkilo dengan protein 31 persen, nah itu kalau beli dipasar harganya mencapai Rp 7.000 perkilo dengan protein yang sama,”

“Jadi disitu, pemprov telah mensubsidi sebanyak Rp2.200 perkilo, ini tujuan di bangunnya pabrik pakan ikan itu,” pungkasnya. (fa)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY