KabarJambi.net – Ombudsman meminta Gubernur Zumi Zola memberikan komitmen untuk memberikan langkah yang strategis guna meningkatkan pelayanan publik Pemerintah Provinsi Jambi. Permintaan ini disampaikan oleh Kepala Ombudsman Perwakilan Jambi Taufik Yasak, Selasa (3/1/2017).

“Sekarang ini pelayanan publik Provinsi Jambi peringkat 27 dari 30 provinsi yang disurvei. Kita ini masuk zona merah,” ujar Taufik Yasak.

Taufik Yasak berharap agar pelayanan publik Pemerintah Provinsi Jambi bisa naik ke zona hijau. “Kita harus bisa masuk zona hijau tahun 2017 ini,” ungkatnya.

Untuk itu, Taufik Yasak meminta agar gubernur, bupati/walikota, kepala SKPD, dan seluruh pegawai memberikan komitmen untuk memperbaiki pelayanan publik tersebut.

Selain itu, ada tiga unsur lainnya yang berperan mengawai pelayanan publik Pemerintah Provinsi Jambi agar lebih optimal, yakni Ombudsman, DPRD, dan masyarakat.

“Kami meminta kepada warga yang memperoleh pelayanan yang buruk dari pemerintah agar melapor ke Ombudsman,”  ujarnya.

Taufik memberikan catatan, sepanjang tahun 2016 pihaknya menerima sekitar 140 pengaduan dari masyarakat terkait pelayanan publik yang buruk. “Yang terbanyak adalah pemerintah daerah, kepolisian, dan BPN. Dari sekitar 140 pengaduan tersebut, sekitar 60 persen sudah ditindaklanjuti dengan baik,” jelasnya. (mu)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here