Pelabuhan Muara Sabak yang belum difungsikan

KabarJambi.net – Pasti kebanyakan orang berpikir bahwa ekspor crude palm oil (CPO) Jambi melalui Pelabuhan Talang Duku atau Pelabuhan Muara Sabak. Ternyata salah. Menurut Wakil Sekretaris Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (GAPKI) Provinsi Jambi, Kimpun, selama ini ekspor CPO di provinsi ini feeder/transit masih melalui Pelabuhan Dumai, Riau.

“Ekspor CPO Jambi transit di Dumai, karena kita ketahui saat ini Jambi memang belum memiliki pelabuhan yang memadai, sehingga mau tidak mau harus transit ke Dumai,” kata Kimpun di Jambi, Rabu (21/12/2016).

Dijelaskannya, selama ini jalur transportasi CPO di Jambi masih mengandalkan Sungai Batanghari melalui Pelabuhan Talang Duku, yang kemudian dibawa ke Pelabuhan Dumai.

“Ekspor CPO masih harus di bawa ke Dumai, tentu ini tidak efesien karena ongkos angkutnya menjadi lebih mahal,” katanya.

Karena ekspornya melalui pelabuhan bukan di Jambi, maka secara tidak langsung devisa ekspor CPO Jambi tidak masuk pada pendapatan asli daerah (PAD) Jambi.

Menurut Kimpun, rata-rata CPO Jambi dan turunannya itu yang diekspor melalui Pelabuhan Dumai bisa mencapai 1,3 juta ton per tahun. (***)

Sumber  : Antara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here