Ananda Nadita Dewana bersama kedua orang tuanya

Kabarjambi.net – Nama Ananda Nadita Dewana mendadak dikenal banyak orang. Penyebabnya, ia adalah peraih nilai Ujian Nasinal (UN) tertinggi tingkat SMP di Kabupaten Merangin.

Putri dari Ade Hadiono SH – Deni Yustiana mampu mengukir angka 373,0. Mengalahkan ribuan peserta UN lainnya se-Kabupaten Merangin.

Termasuk mengungguli tujuh rekannya sesama siswa SMPN 4 Merangin. Karena SMPN 4 Merangin saat bersamaan memang mengukir sejarah hebat. Delapan siswanya masuk 10 besar nilai UN tertinggi di Merangin.

Sabtu (3/6) sekira pukul 20.00 WIB, wartawan Kabarjambi.net menyambangi kediamannya. Di bilangan Lingkungan Kebun Sayur, Kelurahan Dusun Bangko, Kecamatan Bangko.

Ananda mengatakan ia memang pasang target nilai UN tinggi. Ia bertekad menembus tiga besar nilai UN SMP se-Kabupaten Merangin.

Hanya saja ia juga tak menyangka bisa menjadi peraih nilai tertinggi. “Target sebelum ujian, tiga besar. Rasonyo dak percayo, dapat nilai tertinggi. Soalnyo banyak teman yang lebih hebat dari Nanda,” ujarnya.

Ia juga ‘buka kartu’ mengenai trik belajarnya. Yakni berusaha belajar dengan santai dan menyenangkan. Tidak terlalu menguras fikiran.

Namun khusus selama UN, ia belajar pada malam hari dan subuh. Sebelum dan sesudah shalat subuh, ia bergulat dengan buku-buku pelajaran.

“Ikut bimbel (bimbingan belajar) juga. Mengantisipasi bosan belajar di rumah,” tambah remaja putri berdarah Desa Pematang Pauh Kecamatan Jangkat Timur ini.

Ia mengatakan sudah mendaftar di SMAN 1 Merangin. Sebagai pemilik nilai terbaik, ia lulus tanpa tes.

“Ananda juga dapat undangan dari sekolah ABBS School di Surakarta. Tapi ananda tidak mau, jauh. Biarlah di Merangin, dekat dengan orang tua,” ujarnya lagi.

Ayahnya, Ade Hadiono, mengatakan bangga dan merasa senang dengan prestasi putrinya. Ia mengatakan bungsu dari dua bersaudara ini memang berprestasi dan bahkan beberapa kali lomba hingga tingkat nasional.

“Kami kasih support maksimal. Kewajiban orang tua. Seperti lomba di tingkat nasional beberapa kali. Mewakili Merangin walaupun tanpa bantuan sedikit pun dari Pemda Merangin,” ujarnya.(Marsis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here