HALAQOH AL-QUR’AN (jumat 1 April 2016)

ringkasan materi

Sesungguhnya orang-orang mukmin yang sebenarnya adalah mereka yang BERIMAN KEPADA ALLAH & ROSULNYA, kemudian MEREKA TIDAK RAGU-RAGU, MEREKA BERJIHAD dengan harta dan jiwanya di jalan Allah. Mereka itulah orang-orang yang benar” (QS. Al-Hujarat ayat 15 )

Setidaknya ada 3 karakter Kepribadian yang melekat pada pribadi beriman:
1) Keberanian(tiada ketakutan dan tiada keraguan)
2) Hati yang Tenang
3) Optimisme

 

kita bisa banyak belajar tentang para WANITA MUSLIMAH yang memiliki keberanian dalam perjuangan ISLAM…

1) Sumayah (syahidah pertama dalam islam)

sumayah adalah ibunda dari sahabat amar, ia diikat dan dicambuki serta dijemur diatas terik matahari, berkali-kali ia diperintahkan untuk mengutuk dan mencaci muhammad rosulullah, namun yang keluar dari lisannya hanyalah kalimat tauhid. dan ahirnya ia di tombak dari perutnya hingga tembus dan ia syahid dalam senyum kemenangan

 

2) Nasibah binti ka’ab (tameng rasulullah di perang Uhud)

ketika pasukan muslim kocar kasir di perang Uhud, dan rosulullah terluka maka Nasibah binti Ka’ah yang bertugas memberi minum dan mengobati pasukan, akhirnya berlari membela rosul dan menjadikan dirinya tameng/benteng rosulullah, sehingga sabetan pedang , hujaman tombak, dan lesatan anak panah yang mengarah ke arah rosul, ia hadang dengan tubuhnya sendiri.

3) Ummu Syuraih (wanita yang mendapat minum dari Langit)

Seorang muslimah dari yaman dari bani daus, ia satu kampung dengan Tufail bin amr ad-dausi, ketika rombongan tufail hijrah, ia tidak diizinkan oleh keluarganya, dan disiksa, di jemur selama 4 hari di padang pasir yang membara, hingga akhirnya para penyiksanya terkejut, karena bibir ummu syuraih yg tadinya kering tiba-tiba segar dan berseri-seri serta kulitnya yang mulai mengelupas tiba-tiba segar kembali dan basah kuyup…setelah ditanya, akhirnya ummu syuraih mengatakan, bahwa ada gayung yang turun dari langit dan menuangkan airnya ke mulutnya. akhirnya para penyiksa itu mengatakan, ” kalau begitu berarti tuhan yang kamu sembah lebih sakti dari pada tuhan kami, maka kami bersyahadat” dan inilah salah satu yang menyebabkan bani Daus paling banyak msuk islam. subhanallah

Perjuangan mereka di masa-masa awal kenabian sungguh sangat luarbiasa dalam keislaman, bahkan 2 orang diantaranya menjadi asbabun Nuzul ayat Al-Qur’an.

—————————————————————————————————————————

Yuk ikuti program-program di PPSDM Al-QOlam Jambi ada beberpa program

  1. Santri Mukim (gratis)
  2. Halaqoh Al-QUr’an,setiap hari jumat sore (gratis)
  3. Mabit Al-Qur’an , setiap akhir bulan (@10.000/peserta)
  4. Pesantren Qur’an Mahasiswa (PQM) kuliah sambil nyantri-nyantri sambil kuliah (350/bulan)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY