Ilustrasi

KabarJambi.net – Empat titik longsor di Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi, menimbun jalan utama di daerah itu sehingga menyebabkan kemacetan panjang hingga beberapa jam.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB) Damkar dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Bungo Arpan Tuyani ketika dihubungi dari Jambi, Rabu, mengatakan longsor terjadi karena daerah itu diguyur hujan sejak Selasa (15/11) pukul 03.00 WIB hingga Rabu dini hari.

“Longsor satu titik pertama terjadi Selasa sekitar pukul 17.00 WIB (Selasa), disusul longsor dititik lain pada pukul 17.30. Kemudian satu titik di lokasi lain pada pukul 19.00 WIB dan satu titik lagi terjadi pada Rabu pagi,” kata Arpan.

Empat titik tanah longsor itu yakni dua berada di Dusun Rantau Duku, Kecamatan Rantau Pandan, satu titik di Dusun Baru Sipin dan satu titik lagi di Dusun Karak, Kecamatan Batin III Ulu . Longsor menimbun jalan kabupaten yang menjadi akses satu-satunya menuju Kecamatan Pulan Pandan.

“Longsor tanah juga diikuti batu-batu besar serta pohon dan menutup jalan sepanjang 60 meter. Lebih dari lima jam jalan tidak bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat,” katanya menjelaskan.

Pembersihan material longsor ditiga titik kata Arpan baru bisa dilakukan setelah hujan sedikit reda sekitar pukul 19.10 WIB Selasa malam, dimana petugas pos Rantau Pandan menuju Dusun Baru Sipin dan petugas pos Bungo menuju Dusun Rantau Duku Untuk mengantisipasi longsor susulan dan panjangnya antrean kendaraan, maka petugas katanya langsung langsung membuka jalan sementara menggunakan cangkul, chainsaw dan parang. Jalan baru bisa dilalui kendaraan pukul 23.00 WIB (Selasa).

“Setelah jalan sementara dibuka untuk menghindari kemacetan, barulah dilakukan pembersihan dengan menggunakan alat berat Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bungo. Sebab petugas tidak bisa membersihkan batu-batu besar yang ikut menimbun jalan,” katanya menjelaskan.

Sementara satu titik longsor di Karak hingga saat ini kata Arpan belum bisa dibersihkan karena masih menunggu alat berat. Namun jalan sementara sudah dibuka dan kendaraan bisa lewat dengan masuk satu per satu.(***)

Sumber : Antara

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY