Kabarjambi.net – Pemkab dan DPRD Merangin menyepakati lima rancangan peraturan daerah atau Ranperda. Ke limanya resmi ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Merangin, Selasa *15/8).

Ranperda yang disahkan adalah tentang Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah. Lalu Ranperda Pengelolaan Barang Milik Daerah, Ranperda Tanda Daftar Usaha Pariwisata.

Berikutnya adalah Ranperda Perubahan ke Dua atas Peraturan Daerah Kabupaten Merangin 09 tahun 2011 tentang Pajak Daerah. “Terakhir Ranperda tentang Pengelolaan Laboratorium Lingkungan. Alhamdulillah sudah disepakat bersama antara Pemkab dan DPRD Merangin,” ujar Haris.

Ke limanya merupakan ranperda yang diusulkan oleh Pemkab Merangin. Namun ada satu lagi berupa ranperda inisiatif DPRD. Yakni ranperda tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD Merangin.

Mengenai ranperda inisiatif DPRD ini, Haris mengatakans sejak awal ia bersepakat. Karena ini merupakan penjabaran dari Peraturan Pemerintah nomor 18 tahun 2017 tentang Hak Keaungan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD.

“Ranperda inisiatif dewan ini akan berfungsi menguatkan peran dan fungsi dari lembaga perwakilan rakyat daerah. Guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu kami sangat mendukung dan menyetujui menjadi Perda,” ujar Haris lagi.(humas/mm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here