Danau Pauh dengan latar belakang Gunung Masurai

Kabarjambi.net – Lebaran Idul Fitri merupakan momen paling tepat untuk menghabiskan waktu bersama kaum keluarga. Nah, jika ada ingin bersantai ke lokasi wisata, maka Jangkat adalah destinasi terbaik di Provinsi Jambi.

Kawasan kaki Gunung Masurai memang menjanjikan wisata alam nan menakjubkan. Banyak pengunjung dari luar yang mengatakan eksotisme alam Jangkat dan sekitarnya begitu terasa.

Dingin dan sejuk, serta alam nan asri. Danau, air terjun, wisata sejarah, hingga wisata religi pun ada di Jangkat.

Pencinta wisata alam bisa merasakan alam di sekitar Danau Pauh. Jika mau sedikit ngebolang, bisa ke Danau Depati Empat yang jauh lebih asri dan luas dibandingkan Danau Pauh.

Ingin air terjun juga cukup banyak. Puti Daber di Desa Peradun Temeras dan Sigerincing di Desa Tuo. Keduanya di Kecamatan Lembah Masurai.

Lalu air terjun Sungai Hitam dan Mentenang di Jangkat. Atau pilih air terjun Dukun Batuah dan Talang Tembago di Jangkat Timur.

Nah, yang belakangan paling booming adalah Telaga Biru. Danau alam yang super bening ini berada di Desa Tanjung Alam, Jangkat Timur.

Jika ke Telaga Biru, praktis akan dapat ‘bonus’. Yakni air terjun belasan tingkat. Hanya berjarak ratusan meter dari Telaga Biru.

Cukup? tentu belum. Ada Grao Sakti di Desa Renah Kemumu, Jangkat. Yakni telaga dan semburan air panas yang keluar dari perut bumi. Air panas serupa juga ada di Desa Muara Madras.

Menikmati sore sembari ngopi, paling enak di Puncak Madras. Dari sini, pemandangan desa dengan latar belakang alam asri akan memanjakan mata pengunjung.

Aha, belum selesai cerita kita. Wisata religi juga ada. Mesjid Rajo Tiangso di Desa Muara Madras dan makam Rajo Tiangso di Desa Tanjung Alam. Mau tau sejarahnya, silakan berkunjung.(MM)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY