Kabarjambi.net – Semarak tahun baru Islam di Kota Jambi sangat terasa dengan berbagai kegiatan yang diselenggarakan Pemerintah Kota Jambi. Setelah sebelumnya menggelar Musabaqah Tilawatil Quran tingkat Kota Jambi dan Festival Anak Sholeh Indonesia, kini Pemkot kembali menggelar kegiatan bernuansakan Islami, yakni Festival Seni Qasidah Rebana tingkat Kota Jambi .

Untaian shalawat dan kalimah-kalimah nabawiyah menggema di kawasan kantor Walikota Jambi saat Walikota H. Syarif Fasha membuka secara festival tersebut.

Kehadiran Walikota Fasha yang disambut dengan tabuhan rebana dan bacaan shalawat itu mampu menggugah pengunjung yang hadir untuk turut pula mengumandangkan shalawat secara bersama-sama.

Dalam sambutannya Walikota Syarif Fasha menyampaikan apresiasinya kepada penyelenggara dan peserta festival rebana yang berasal dari grup qasidah rebana dari 11 kecamatan dalam Kota Jambi. Ia juga mengucapkan rasa bangga dan syukurnya atas tingginya animo masyarakat mengikuti festival rebana tersebut.

“Ini menunjukan bahwa semangat ibu-ibu mensyiarkan Islam melalui seni qasidah rebana masih sangat tinggi ditengah arus globalisasi saat ini,” ujar Fasha dalam kata sambutannya, Kamis (6/10/2016)

Fasha juga menambahkan, dirinya akan tetap terus memfasilitasi kegiatan-kagiatan yang berdampak posotif dalam mendukung pembangunan Kota Jambi, termasuk upaya mengembangkan seni qasidah rebana tersebut, apalagi kata Fasha, festival qasidah rebana itu memang telah menjadi janjinya dihadapan ibu-ibu majelis taklim saat bersilaturrahmi kepadanya belum lama ini.

Mengingat antusiasnya masyarakat khususnya ibu-ibu majelis taklim akan kegiatan itu, Walikota Fasha menjanjikan akan menjadikan kegiatan tersebut sebagai kegiatan rutin Pemerintah Kota Jambi.

“Kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan kita, insyaAllah tahun depan akan kita gelar lebih meriah lagi,” tambah Fasha.

Sementara itu ketua penyelenggara Hj. Laksmi Majid menyampaikan terimakasihnya kepada Walikota Fasha, karena menurutnya kegiatan yang telah lama ditunggu-tunggu ibu-ibu majelis taklim dan grup qasidah rebana itu akhirnya terealisasi di masa kepemimpinan Walikota Jambi Syarif Fasha.

“Atas nama ibu-ibu majelis taklim kami mengucapkan terimakasih atas perhatian pak Walikota yang memfasilitasi festival rebana ini, kami sangat mengucapkan syukur apalagi kegiatan ini dilaksanakan dengan mengambil tempat dipusat Pemerintahan Kota Jambi yakni di lapangan Kantor Walikota,” ujar Laksmi.

Ketua panitia Hj. Laksmi juga mengajak anggotanya dari majelia taklim untuk mendoakan Walikota beserta jajarannya agar dapat merealisasikan program pemerintah dengan baik demi kemajuan Kota Jambi.

“Mari kita doakan bapak Walikota Fasha beserta keluarga dan jajaran Pemerintah Kota Jambi selalu mendapat petunjuk dan berkah dalam melaksanakan tugasnya membangun Kota Jambi,” harapnya.

Festival seni qasidah rebana yang berlangsung dari tanggal 6 hingga 8 Oktober itu diikuti sebanyak 22 grup, yang dibagi dalam 2 kategori yaitu kategori remaja dan dewasa. Tampak masyarakat antusias menyaksikan festival rebana yang untuk kali pertama digelar dilapangan utama kantor Walikota tersebut. Hampir seribuan orang yang didominasi kaum hawa dari majelis taklim se-Kota Jambi turut menyaksikan festival yang bertujuan mengembangkan seni budaya Islam dan syi’ar itu. (fa)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY