Kabarjambi.net – Pelayan Kesehatan di Kota Jambi terus meningkat, namun peningkatan pelayanan kesehatan tersebut tidak setara dengan jumlah tenaga dokternya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi Ida Yuliati mengatakan, banyaknya pembangunan pusat pelayanan kesehatan, tidak dibarengi pertambahan jumlah tenaga medis dokter saat ini.

Ia mengatakan, tenaga dokter harus ada dua hingga tiga orang di setiap Puskesmas. Namun saat ini, dari 20 Puskesmas dan  39 Puskesmas pembantu, jumlah dokter yang ada hanya 60 orang saja.

” Untuk tenaga kesehatan dikota Jambi memang sudah memadai, hanya saja untuk tenaga medis dokter masih kurang, seharusnya ada dua sampai tiga dokter di setiap Puskesmas, tapi tergantung jumlah penduduknya,” ungkapnya.

Ia mengatakan saat ini jumlah dokter umum hanya ada sekitar 60 orang, sedangkan jumlah puskesmas dan Pustu ada sebanyak 59 tempat, yang artinya hanya ada satu dokter disetiap Puskesmas dan Pustu.

Selain itu Ida mengatakan, untuk tenaga perawat sendiri sudah memadai, malah untuk tenaga bidan sudah melebihi kapasitas yang dibutuhkan.

“Jadi saat ini tenaga medis dokter sangat kurang, jika tenaga medis itu terpenuhi maka pelayanannya pun dapat berjalan maksimal nantinya,” pungkasnya. (fa)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY