KabarJambi.net – Setelah menetapkan mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri, Irman, menjadi tersangka dalam kasus proyek e-KTP, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memanggil mantan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dan mantan Ketua DPR RI, Setya Novanto.

Sebagaimana disebut saksi dalam kasus ini, M Nazaruddin, Gamawan Fauzi dan Setyo Novanto diduga ikut menerima uang dalam kasus korupsi e-KTP tersebut.

“Jadi KPK tidak saja fokus pada pihak pihak terkait sesuai penyertaanya, yang sudah barang tentu mereka akan dimintai keterangan nantinya,” kata Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang, Minggu (2/10/2016).

Kata Saut, penyidik KPK telah menemukan indikasi keterlibatan beberapa pihak di kasus ini. Sehingga kata dia, KPK terus mendalami keterangan-keterangan saksi untuk membongkar tuntas kasus ini.

“Itu sebabnya pendalamannya memakan waktu, bukan saja masalah keterlibatan (sejumlah pihak) akan tetapi perhitungan kerugian negaranya kompleks karena menyangkut aplikasi, operating system, hardware, sehingga perhitungannya memerlukan detail oleh pihak auditor dan KPK,” kata Saut.

Mengenai jadwal pemeriksaan, kata Saut, KPK sedang menyusun jadwal pemanggilan. “Mereka (penyidik KPK) sudah punya schedule lah, tapi makin cepat makin bagus,” kata dia. (mg)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY