Kabarjambi.net – Polda Jambi punya ‘nakhoda’ baru. Jumat (28/4), bertempat di Rupattama Mabes Polri, dilakukan serah terima jabatan Kapolda Jambi oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.

Brigjen Pol Yazid Fanani resmi melepas jabatan Kapolda Jambi. Ia diganti oleh Brigjen Pol Drs Priyo Widyanto.

Mengutip tribratanews.polri.go.id, Brigjen Pol Yazid Fanani kurang lebih 11 bulan menjabat Kapolda Jambi. Selanjutnya ia akan bertugas sebagai Pati Baintelkam Polri (Penugasan BIN).

Sedangkan penggantinya, Brigjen Pol Priyo Widyanto, sebelumnya adalah menjabat sebagai Karo Binkar SSDM Polri. Yang menarik, dalam amanatnya Kapolri menyoroti beberapa peristiwa aktual terkait kepolisian.

Salah satunya kasus penembakan di oleh anggota Satlantas di Lubuk Linggau, Sumatera Selatan. Kapolri menekankan, sari peristiwa tersebut terdapat akar permasalahan yang penting. Yaitu tentang kemampuan menguasai kewenangan diskresi. Wewenang untuk menentukan opsi guna mengambil keputusan untuk tindakan yang tepat dan cepat demi menjaga kepentingan publik.

“Kita paham teori diskresi. Namun dalam prakteknya masih banyak yang belum paham. Perlu syarat untuk melakukan tindakan diskresi yang baik yaitu adanya kemampuan melihat situasi, kemampuan mengambil opsi tindakan dan kemampuan untuk ambil keputusan,” pesan Kapolri.

Selanjutnya Kapolri juga berpesan, kepada para Kapolda agar tidak hanya sebagai pengawas, penindak dan supervisi di tempat tugasnya. Namun juga bertindak sebagai pembina bagi para anggotanya.

“Sering dilakukan pelatihan atau drill di lapangan untuk menjalankan diskresi. Sehingga para anggota memiliki kemampuan diskresi yang baik dan tidak melakukan tindakan secara berlebihan,” terang Kapolri.(tim)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY