KABARJAMBI.NET, Bangko – Kalender 2018 yang diedarkan Pemkab Merangin tuai persoalan. Pasalnya, kalender yang dibuat Pemkab tersebut masih memuat foto kandidat bupati dan wakil bupati Merangin 2018 yakni, foto Al Haris dan Khafid Moein.

Terkait hal itu Panwaslu Merangin memanggil pihak Pemkab Merangin, Rabu (14/3). Panggilan tersebut dipenuhi oleh Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Setda Merangin, Hendri Putra.

Ketua Panwaslu Kabupaten Merangin, Alber Trisman membenarkan, pemanggilan pihak Pemkab tersebut. Ia katakan sebelumnya pihaknya suaj pernah mengigatkan Pemkab terkait penyebaran kalender tersebut.

Dimana mereka memina agar tidak menyebarkan kalender yang memuat foto bupati dan wakil bupati, yang sama sama mencalonkan diri kembali pada Pilkada Merangin 2018 ini.

“Kami sudah ingatkan Pemkab agar tidak melaksanakan program yang dapat menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon (Paslon),” ungkapnya.

Dilanjutkannya, tidak masalah jika Pemkab membuat kelender. Tapi untuk dalam kondisi masa Pilkada ini, tidak memuat foto calon.

“Kami tidak masalah jika pemkab buat kalender tahunan. Tapi karena ini ada memuat foto calon, jelas ini berpotensi pelanggaran,” ujarnya.

Dikatakannya, berdasarkan bukti dan hasil klarifikasi dari pihak Pemkab tersebut, pihaknya akan melakukan kajian terkait penyebaran kelender yang memuat foto calon ini.

“Temuan ini kita akan tindak lanjuti dengan melakukan kajian. Nanti hasilnya akan kita sampaikan,” jelasnya.

Terpisah, Kabag Humas dan Protokol Setda Merangin, Hendri Putra membenarkan pemanggilan pihaknya oleh Panwaslu tersebut. Dirinya diminta memberikan klarifikasi atas penyebaran kalender tersebut.

“Ya, tadi kita sudah penuhi panggilan dari Panwas. Kalau untuk materinya silahkan tanya langsung sama pihak Panwas,” singkatnya.(aka)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here