Fauzi Ansori, kepala Bappeda Provinsi Jambi

KabarJambi.net –  Pemerintah Provinsi Jambi menyiapkan anggaran sebesar Rp385 miliar untuk persiapan pembayaran gaji PNS, sarana dan prasarana serta dokumen, terkait peralihan kewenangan SMA/SMK dari pemerintah kabupaten/kota ke provinsi.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jambi Fauzi Ansori mengatakan, anggaran tersebut harus dikeluarkan pada tahun 2017.

Menurutnya, total keseluruhan PNS yang dilimpahkan dari kabupaten/kota ke Pemprov Jambi sebanyak 6.334 orang, terdiri atas 5.866 PNS dari SMA/SMK dan selebihnya PNS di beberapa instansi yang juga beralih wewenang. “Total termasuk PNS non-kependidikan sebanyak 6.334 orang yang beralih ke Pemprov Jambi,” katanya.

Anggaran untuk pegawai itu sendiri berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU) yang ditransfer dari pusat. Namun untuk tahun 2017, belum diketahui berapa jumlah DAU untuk Provinsi Jambi.

“Apakah ada tambahan atau tidak, masih kita tunggu. Namun dengan bertambahnya pegawai di pemprov ini, seharusnya DAU juga bertambah,” ujarnya.

Sementara itu, terkait nasib tenaga honorer atau tenaga kontrak khususnya tenaga pendidikan, sampai saat ini belum jelas.

Tercatat ada 5.725 orang honorer atau tenaga kontrak. Sementara berdasarkan analisis tim, jumlah guru non-PNS yang dibutuhkan hanya 2.000 orang.

“Ini untuk memenuhi kecukupan tenaga pendidikan dalam rangka memenuhi jam belajar di sekolah,” kata Fauzi.

Pihaknya belum mengetahui bagaimana skemanya ke depan, karena saat ini masih dilakukan penghitungan berapa anggaran yang dibutuhkan untuk honorarium pegawai non-PNS tersebut.

“Yang akan dianggarkan hanya untuk pegawai non-PNS bidang pendidikan, di luar itu tidak ada. Karena di PP peralihan kewenangan itu tidak diatur,” katanya .(***)

Sumber : Antara

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY