KabarJambi.net – Provinsi Jambi memamerkan buah jeruk pamelo astano pada Festival Buah Nusantara atau “Fruit Indonesia” 2016 yang digelar di Parkir Timur Senayan, Jakarta.

“Dengan keikutsertaan Jambi di ajang festival Buah Nusantara tersebut diharapkan segala potensi buah-buahan di Jambi menjadi populer,” kata Kepala Bidang Hortikultura pada Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan M Nasrun dihubungi dari Jambi, Minggu.

Dia menjelaskan, jeruk pamelo astano adalah varietas buah unggul yang berasal dari Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi. Buah jeruk tersebut mempunyai ukuran yang besar mencapai seukuran bola basket.

“Ada dua jenis pamelo astano, yakni isinya berwarna merah dan putih, namun kebanyakan petani di Muarojambi membudidayakan yang warna putih karena rasanya lebih manis,” kata dia.

Selain memamerkan jeruk pamelo astano dalam ajang pameran tersebut, Pemerintah Provinsi Jambi juga memamerkan buah nanas yang merupakan produksi unggulan petani dari Desa Tangkit, Muarojambi.

“Selain itu ada juga buah alpukat pusako yang merupakan varietas buah unggulan asli dari Kota Jambi juga ikut dipamerkan,” katanya.

“Fruit Indonesia 2016” yang dibuka oleh Presiden Joko Widodo dan berlangsung pada 17-20 November itu diharapkan potensi dan varietas unggul buah-buahan dari Provinsi Jambi bisa dikenal dan dilirik oleh pembeli dari berbagai wilayah.

“Kami berharap bisa mengeksplorasi kekayaan buah nusantara termasuk kekayaan buah Jambi sehingga bisa mempromosikan potensi ekspor ke mancanegara,” katanya.

Apalagi sebagian besar wilayah kabupaten di Provinsi Jambi terdapat berbagai varietas unggul buah-buahan yang tidak kalah saing dengan daerah lain.

“Diupayakan Jambi tidak lagi mendatangkan konsumsi buah dari luar, karena hampir semua kabupaten di Provinsi Jambi mempunyai varietas unggul,” katanya. (***)

sumber : Antara

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY