KabarJambi.net – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Jambi memprediksi cuaca di langit Jambi berawan tebal pada saat terjadinya fenomena galaksi bima sakti pada Sabtu (6/8) malam.

Prakirawan cuaca BMKG Jambi Octa Irawan di Jambi, Jumat, mengatakan kecil kemugkinan fenomena galaksi bima sakti akan bisa terlihat di Jambi, karena tertutup awan tebal.

“Sabtu malam besok pada pukul 20.00 hingga 23.00 WIB prediksinya secara umum langit Jambi tertutup awan tebal,” katanya.

Selain itu secara umum juga terjadi peluang hujan ringan khususnya di wilayah Kabupaten Muarojambi dan Kota Jambi.

Sementara itu, PLN Area Jambi mengimbau masyarakat daerah itu agar ikut berpartisipasi mematikan lampu di luar ruangan untuk ikut berpartisipasi menyelamatkan malam langit gelap dari polusi cahaya.

“Ini tentunya ada penghematan energi juga, kampanye seperti ini baik agar masyarakat bisa menghemat energi,” kata Manager PLN Area Jambi, Joni.

Pihak Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dengan mematikan semua lampu di luar ruangan selama satu jam pada pukul 20.00 hingga 21.00 setiap 6 Agustus.

Ajakan mematikan lampu selama satu jam pada 6 Agustus malam itu agar kesempatan untuk dapat mengamati galaksi Bima Sakti dengan ratusan miliar bintang lebih besar.

“Aksi kampanye Malam Langit Gelap atau Dark Sky Night bertujuan membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya menyelamatkan langit malam dari polusi cahaya. Aksi tersebut sekaligus bentuk kampanye hemat energi,” ujar Kepala Lapan Thomas Djamaluddin. (***)

Sumber : Antara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here