Kepala BPS Provinsi Jambi, Dadang Hardiawan

KabarJambi.net – Kota Jambi menjadi Kota dengan inflansi tertinggi kedua diantara kota-kota lainnya di Sumatera. Inflasi tertinggi ada di Kota Sibolga (Sumatera Utara). Dalam rilis Badan Pusat Statistik (BPS) Jambi, pada bulan Oktober 2016 Kota Jambi mengalami Inflasi sebesar 1,19 persen dan Kabupaten Bungo inflasi sebesar 0,55 persen. Indeks Harga Konsumen (IHK) Kota Jambi sebesar 126,13 dan IHK Kabupaten Bungo tercatat sebesar 123,7.

Inflasi Kota Jambi terjadi pada empat kelompok pengeluaran barang dan jasa. Sumbangan Inflasi terbesar di Kota Jambi pada komoditi bahan makanan terutama pada cabe merah.

“Kita lihat disini komoditi dengan sumbangan inflasi terbesar pada bahan makanan dan terutama pada komoditi cabai merah yang mempunyai peran cukup besar, sedangkan untuk komoditi pangan seperti beras masih bisa dikatakan stabil,” ujar Kepala BPS Provinsi Jambi, Dadang Hardiawan, Selasa (1/11/2016).

Lanjutnya, dari 23 Kota di Sumatera yang menghitung IHK, sebanyak 20 kota mengalami inflasi. Inflasi tertinggi di Sumatera adalah Kota Sibolga sebesar 1,32 persen dan terendah Kota Metro sebesar 0,04 persen.

“Dari sebanyak 82 Kota yang menghitung IHK di Indonesia, sebanyak 48 Kota mengalami inflasi. Inflasi tertinggi di Kota Sibolga sebesar 1,32 persen dan terendah adalah Kota Manado sebesar 0,01 persen, dan kita berharap nantinya Tim Pengendalian Inflasi Daerah mampu mengendalikan laju inflasi,” tukasnya. (fa)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY