ILS

KabarJambi.net – Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia atau AirNav mulai memasang alat Instrumen Landing Sistem/ILS di landasan Bandara Sultan Thaha Jambi.

“Pemasangan sedang berlangsung di sepanjang landasan pacu. Ditargetkan akhir Oktober 2016 pemangan ILS sudah selesai,” kata Distrik Manager AirNav Bandara Sultan Thaha Jambi Anton, Kamis (6/10/2016).

Pemasangan sistem ILS tersebut katanya dapat membantu pesawat udara mendarat tepat pada ‘center line’ landasan pacu dengan sudut pendaratan yang tepat meskipun jarak pandang di bawah visibility 2.000 meter.

Bersamaan dengan pemasangan ILS di Bandara Sultan Thaha Jambi, juga dilakukan pemasangan ILS di bandara lain yaitu di Kupang, Pontianak dan Soekarno Hatta.

Ia mengatakan, pemasangan ILS tersebut memakan waktu pengerjaan 45 hari ke depan, namum setelah selesai belum bisa langsung dioperasikan karena harus dilakukan uji coba (kalibrasi flight).

“Pada bulan berikutnya setelah melalui uji coba baru dipastikan bisa dioperasikan,” katanya menjelaskan.

Ada tiga komponen yang dipasang dalam sistem ILS ini diantaranya alat sistem elektronika untuk menentukan runway (localizer), untuk menentukan ketinggian pesawat (glide slope) dan menentukan jarak pesawat (mark beacon).

ILS menurut dia, sudah mendesak dipasang di Bandara Jambi, mengingat bandara ini pada saat musim kabut asap pada 2015 mengakibatkan bandara tersebut lumpuh.

“Jika ke depan memang landasan pacu jadi diperpanjang, maka nanti ketiga alat komponen ILS ini dipindahkan,” katanya menambahkan.(***)

Sumber : Antara

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY