Kabarjambi.net – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Jambi melakukan launching sistim Pertukaran Data Elektronik (PDE) untuk mempercepat dan mempermudah pengguna jasa atau konsumen membuat dokumen-dokumen yang diperlukan dari pihak Bea Cukai. Pertukaran tersebut melalui sistim online.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Jambi, Priyono Triatmojo, mengatakan, laucing PDE ini dilakukan guna menghindari adanya praktik pungutan liar yang terjadi.

” Semua gratis, tidak ada pungli-punglian di kantor bea dan cukai. Semua mudah, bisa dibuat di rumah, kantor atau sambil duduk-duduk santai di cafe dengan teman,” ujarnya saat menggelar launching sistem Pertukaran Data Elektronik (PDE) yang dihadiri para pengguna jasa pelayaran dan Pengusaha Pengurusan Jasa Kepelabuhan (PPJK) Jambi, Rabu (19/10/2016).

Menurutnya saat ini adalah hari bersejarah bagi KPPBC Jambi, karena baru pertama kali membuat dokumen ekspor dan import melalui jaringan internet melalui komputer konsumen masing-masing.

Dengan diterapkannya secara penuh sistem PDE ini, lebih mempercepat pelayanan. “Bahkan terciptanya efisiensi waktu, ongkos karena para importir, eksportir atau pengguna jasa di KPPBC Jambi tidak perlu datang ke kantor lagi, cukup melalui internet yang hanya butuh waktu beberapa detik,” tutur Priyono.

Penerapan penyampaian dokumen dengan menggunakan sistem PDE ini berdasarkan keputusan Dirjen Bea dan Cukai Nomor Kep-415/BC/2016 tanggal 9 September 2016 dan mulai diterapkan secara penuh (mandatory) pada tanggal 19 Oktober 2016.

Pemberitahuan pabean melalui sistem PDE ini meliputi, pemberitahuan manifest (BC.1.1), pemberitahuan import barang (BC. 2.0) dan pemberitahuan ekspor barang (BC.3.0).

“Selain gratis dalam pembuatan dokumen yang diperlukan, masyarakat juga irit ongkos transportasi, dan tidak lagi memerlukan kertas untuk cetak-mencetak data yang akan diserahkan serta mempercepat roda perekonomian masyarakat Jambi,” harapnya. (fa)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY