KABARJAMBI.NET – Polisi Brasil menangkap gembong mafia narkotika Meksiko yang paling ditakuti, kata jaksa federal Brasil seperti dikutip Reuters.  Ini menjadi pukulan hebat untuk salah satu kartel narkota paling kuat dalam dunia hitam Meksiko.

Berdasarkan surat perintah penangkapan, polisi menahan Jose Gonzalez Valencia (42), pemimpin Kartel Generasi Baru Jalisco (CJNG), dengan tujuan memenuhi permintaan ekstradisi dari Amerika Serikat.

Dari geng kecil-kecilan, dalam beberapa tahun CJNG berubah menjadi menakutkan sampai menyaingi Kartel Sinalo pimpinan Joaquin “El Chapo” Guzman yang sudah ditangkap, sebagai penguasa perdagangan narkotika di Meksiko.

Gonzalez Valencia ditangkap di sebuah resor dekat kota tepi laut Fortaleza dan telah dibawa ke markas besar kepolisian negara bagian Ceara.

Gonzalez Valencia tinggal di negara tetangga Brasil, Bolivia, selama dua tahun setelah kabur dari Meksiko dan memasuki Brasil sebagai turis dengan menggunakan paspor Bolivia.

Seorang pejabat dari kantor jaksa negara bagian di negara bagian Jalisco, Meksiko, mengungkapkan Gonzalez Valencia adalah adik Abigael Gonzalez Valencia, pemimpin CJNG yang ditangkap Februari 2015.

Jalisco adalah tempat di mana CJNG membangun jaringannya dan menjadi basis untuk melancarkan operasinya.

Pejabat Jalisco tadi menyebutkan bahwa Gonzalez Valencia akan diekstradisi ke AS dari Brasil, demikian Reuters.(ant/mm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here