Kabarjambi.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin ternyata menguras kocek cukup dalam untuk gaji guru kontrak. Setiap tahun anggarannya sampai Rp 5 miliar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merangin.

Mengenai angka ini diungkap Sekretaris Dinas Dikbud Merangin, AR Mulyadi. Gaji guru kontrak tersebut dibebankan ke Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Merangin.

“Untuk gaji keseluruhan guru kontrak Dinas Dikbud di Merangin itu setahunnya Rp 5 miliar. Dana itu dianggarkan dalam APBD Kabupaten Merangin,” ujar Mulyadi, Senin (27/8).

Ia memastikan bahwa gaji guru kontrak benar-benar dari APBD. Bukan diambil dari dana kegiatan. “Bukan diambil dari dana kegiatan. SK guru kontrak ini SK Dislnas Dikbud, bukan SK bupati,” ujarnya lagi.

Dijelaskan Mulyadi, jumlah keseluruhan guru honorer kontrak di Kabupaten Merangin saat ini sebanyak 1.232 orang. Tersebar di seluruh kecamatan dan desa-desa.

Jumlah itu ia katakan, untuk menutupi kekurangan tenaga pengajar di Merangin. Karena jumlah guru di Merangin masih banyak kekurangan.

“Kalau jumlahnya (guru kontrak) sekarang 1.232 orang. Guru kontrak ini solusi menutupi kekurangan guru kita. Tiap tahun ada guru pensiun, sementara penerimaan guru ASN tidak ada,” pungkasnya.(May)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here