KabarJambi.net – Ketua Bappeda Provinsi Jambi Fauzi Ansori menyatakan perlu diadakan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah regional. TPA sampah regional perlu dibentuk untuk menangani penambahan sampah di Kota Jambi beberapa tahun mendatang yang dipastikan akan sangat banyak.

“Pertambahan penduduk di Kota Jambi sangat pesat. Demikian juga dengan dunia usaha. Mereka bakal menghasilkan sampah dalam jumlah yang luar biasa. Saya yakin, lama kelamaan TPA Talang Gulo tidak akan mampu menampung sampah yang dihasilkan warga Jambi,” ujar Fauzi Ansori kepada KabarJambi.net, Rabu (30/3/2016).

Kata Fauzi, perlu dipikirkan membangun TPA di luar Kota Jambi untuk menampung sampah di masa mendatang.

“TPA ini nantinya akan menampung sampah yang dihasilkan penduduk Kota Jambi dan kabupaten lainnya,” tambah Fauzi.

Secara geografis, kata Fauzi, TPA sampah regional ini paling mungkin dibangun di Kabupaten Muaro Jambi. Alasannya, Kabupaten Muaro Jambi terletak paling dekat dengan mengitari Kota Jambi.

“Untuk itu, Walikota Jambi perlu menjajaki kerja sama dengan Bupati Muaro Jambi mengenai masalah TPA ini. TPA regional ini tak akan terhindarkan lagi di masa mendatang. Tapi penyiapannya harus dimulai dari sekarang,” pungkasnya. (mu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here