Kabarjambi.net – APBD Kabupaten Merangin pada tahun anggaran 2017 hanya Rp 1,3 triliun lebih. Dimana sekitar Rp 700 miliar dari dana tersebut tersedot oleh belanja tidak langsung atau belanja pegawai.

Dengan jumlah desa/kelurahan yang mencapai 215, maka angka APBD itu terbilang kecil. Sementara tantangan pembangunan cukup besar. Termasuk membebaskan beberapa desa yang masih terisolir.

Belum lagi infrastruktur jalan yang sebagian besar dalam kondisi rusak. Baik rusak ringan, sedang, mau pun berat. Sementara sektor lainnya juga perlu pembiayaan agar semua bidang terus berkembang dengan baik.

Lalu bagaimana caranya agar pembangunan daerah bisa berjalan dengan baik? “Sederhana saja. Karena kita tidak punya uang banyak, ya jangan banyak terlalu banyak keinginan yang tidak prioritas. Kuncinya harus fokus,” ujar kandidat kuat Bupati Merangin Ir H Ahmad Fauzi Ansori MT, Rabu (16/8).

Ia mengatakan pembangunan mesti dilakukan seimbang. Hal itu bisa dilakukan jika semunya direncanakan dengan baik. Karena jika perencanaan tidak baik, maka dipastikan pelaksanaan dan hasilnya juga tidak baik.

“Jelas itu, perencanaan harus baik dan terukur. Karena mengerjakan sesuatu tanpa perencanan yang baik, itu sama saja dengan merencanakan sebuah kegagalan,” ujarnya lagi.

Ia bicara soal pembebasan desa-desa dari keterisoliran. Yakni Desa Air Liki, Air Liki Baru, dan Desa Koto Rawang. Menurutnya hal itu bisa dilakukan jika perizinannya terlebih dahulu sampai selesai.

“Mulai dulu dari menyelesaikan izinnya. Karena ini kan melewati hutan konservasi. Kalau tidak beres izinnya, bakal beresiko hukum. Ini jelas tidak boleh terjadi. Namun intinya ke depan tidak boleh lagi ada desa terisolir,” tambahnya lagi.

Mengenai aktifitas politiknya terkini, Fauzi mengatakan berjalan lancar dan nyaris tanpa hambatan berarti. Hampir setiap hari ia menghabiskan waktu untuk berkeliling dari desa ke desa dalam kegiatan sosialisasi.

 “Sosialisasi terus. Karena Merangin ini kan tantanganya beda, desa paling banyak se-Provinsi Jambi. Jarak antar desa jauh dan kondisi jalannya masih banyak yang lumayan berat. Jadi setiap hari memang silaturrahmi di banyak tempat dan memenuhi undangan dari masyarakat,” ujarnya lagi.(mm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here