KabarJambi.net – Untuk memaksimalkan hasil pertanian dengan keterbatasan lahan, Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi mencoba mengoptimalkan budidaya tanaman bawang dengan varian baru yang lebih produktiv. Bawang tersebut dikembangkan dari biji.

“Kita lihat menggunakan biji jauh lebih mudah dan efisien karna ini hanya tiga bulan langsung panen,” kata Sy Fasha usai lakukan panen raya bawang tersebut, Rabu (16/11/2016)

Bawang tersebut diltanam di lahan seluas sekitar 3 hektar di RT 26 Kecamatan Paal Merah, Kota Jambi.

Ia menyebutkan dengan tanah satu hektar, petani penanam bawang di Kecamatan Pall Merah mampu menghasilkan bawang segar antara 15 ton hingga 20 ton, serta untuk penanaman sendiri per-hektar hanya 8 hingga 9 juta untuk pembelian bibit.

“Ini terus bakal kami kembangkan lagi, karena kita tahu saat ini Kota Jambi tidak mempunyai lahan yang luas ini, jadi ini harus kita kembangkan,” tuturnya.

Begitupun kedepannya Fasha mengatakan akan mendorong masyarakat untuk memanfaatkan dan mengoptimalkan keterbatasan lingkungan rumah untuk menanam bawang varian baru tersebut.

“Jika kita mempunyai lahan yang luas, lebih baik kita tanam bawang ini, Karena pemasarannya hampir tidak mempunyai hambatan, karena masyarakat sangat membutuhkan,” ujarnya.(fa)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY