KabarJambi.net – Dua sekolah negeri tingkat SMA di Provinsi Jambi akan menerapkan sistem full day school. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi, Rahmad Derita, menyebutkan dari ratusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Provinsi Jambi, yang akan diterapkan program Full Day School yakni SMA Titian Teras (TT) dan SMK Pertanian Pembangunan (PP), karena sekolah tersebut memiliki asrama sendiri.

“Untuk SMA TT dan SMK PP, Sekolah tersebut ada asrama nya. Tentu itu bisa untuk dijalankan Full Day School dan untuk yang lain perlu persiapan lebih jauh lagi, ” jelas,Rahmad Derita, Rabu (30/11/2016).

Lebih lanjut, Rahmad Derita  mengatakan untuk menerapkan program tersebut harus dikaji dari berbagai hal, seperti kesiapan para orang tua siswa, kantin sekolah harus di benahi terlebih dahulu, dan juga termasuk jarak dari tempat tinggal siswa ke sekolah. “Dan ini harus bisa disosialisasikan terlebih dahulu apakah orang tua sudah siap atau tidak karena sebagian anak didik di jenjang SMA dan SMK tersebut juga digunakan oleh orang tua untuk membantu ekonomi keluarga. Jadi apabila mereka pulang jam 5 sore, mereka mau kerja apa lagi dan ini juga harus perlu dipikirkan,” tambahnya.

Sementara untuk kurikulum sekolah yang akan menjadi percontohan Full Day School, bebas untuk menggunakan kurikulum apapun, namun harus standar belajar terpenuhi. “Jadi mau pakai kurikulum apa pun yang penting standarnya terpenuhi,” kata Rahmat. Dirinya juga menjelaskan, program Full Day School tersebut bertujuan untuk membantu para siswa, seperti keterlambatan dalam mencapai
kompetensi pembelajaran dan untuk membentuk karakter siswa.

“Hal itu yang diarahkan untuk Full Day School sehingga anak waktu di luar sekolah menjadi lebih sedikit, kemungkinan dia terganggu dan terjerumus dari dunia luar juga lebih sedikit,” harapnya. (Afm)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY