KabarJambi.net – Dinas Kelautan dan Perikatan (DKP) Provinsi Jambi Peringati hari Nusantara tahun 2016 se Provinsi di SMAN 08 Kota Jambi.

Hari peringatan Nusantara secara Nasional dipusatkan di Nusantara Tenggara Timur, tepatnya di Kupang, Kabupaten Lembata. Namun di Jambi juga melaksanakan hari Nusantara.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi, Saipuddin mengatakan, tujuan diperingatinya hari Nusantara yakni memberikan informasi kepada masyarakat dan mengajak para generasi muda agar dapat memahami banyak pontensi kelautan dan perikanan khususnya di Provinsi Jambi.

“Kita Provinsi Jambi, dari 11 kabupaten, 2 memiliki pesisir dan pantai yaitu Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur,” ujar Saipuddin pada awak media.

Dan pantai Jambi itu, langsung berhadapan dengan laut Natuna. Oleh karena itu, kita harus menjaga kedaulatan dan keberlanjutan wilayah laut dengan cara menerapkan aturan yang berlaku.

DKP juga akan mengganti alat-alat yang tidak ramah lingkungan. “Tujuannya supaya apa? Supaya ada berkelanjutan untuk anak-anak cucu dibelakang,” terang Saipuddin.

Selanjutnya, bagaimana memelihara sumber daya ikan (SDI) di laut? DKP akan melakukan pemerliharaan mangrove. ” Karena mangrove-mangrove itu tempat ikan-ikan bertelur, ” jelas Saipudin.

Saipuddin mengatakan, untuk tahun 2017, pihaknya akan membuat semacam apartement ikan yang salah satunya sudah dilakukan oleh DKP Provinsi Jambi, yakni di Danau Kerinci. “Terbuat dari bambu dan segala macam, kedua kita ada pelayanan umum yaitu Sungai Batanghari yang kita banggakan dan terpanjang di sumatra, yaitu berada di Jambi,” jelas Saipuddin.(Adv/Afm)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY