Salah satu Aset Diding yang disita

Kabarjambi.net – Didin alias Diding, dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah, Jumat (24/3). Ditangkap dalam kasus sebagai bandar narkoba, ia kemudian didakwa dalam perkara Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Ia dinyatakan bersalah melanggar pasal 3 ayat 1 Undang-Undang tentang TPPU. Majelis hakim PN Jambi yang diketuai Barita Saragih, menjatuhkan hukuman selama 5,5 tahun penjara.

Dalam amar putusan majelis hakim, disebutkan bahwa terdakwa tidak bisa membuktikan bahwa asetnya bukan hasil tindak kejahatan narkotika. Majelis hakim juga menyebutkan beberapa pertimbangan yang memberatkan dan neringankan Diding.

Sebelumnya, JPU mendakwa Diding dengan beberapa pasal. Baik pasal-pasal narkotika maupun Pasal 3 ayat (1) UU TPPU.

“Menjatuhkan pidana penjara selama lima tahun dan enam bulan, serta denda tiga miliar rupiah, subsider dua bulan penjara,” tegas Barita.

Majelis hakim juga menetapkan penyitaan dilakukan terhadap beberapa barang bukti. Yakni kebun, sepeda motor, pemin karet, uang tunai Rp 25 juta, lahan dan tanah, rumah bedeng 10 pintu, satu rumah tiga lantai, dan beberapa benda lainnya yang diputuskan dirampas untuk negara.

Diding melalui penasehat hukumnya, Meli Cahlia, menyatakan banding. Demikian pula JPU yang juga menyatakan banding karena tuntutan JPU adalah delapan tahun penjara dan denda tiga miliar rupiah.(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here