Halo guys

To the point aja nich hee…. didalam tulisan ini aku akan sedikit banyak bercerita tentang pengalaman suka dan dukanya menjadi Mahasiswa Indonesia di negeri gajah Putih. Semoga isi tulisan ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Nama aku Chindy Fitridani, aku berasal dari Sarolangun dulunya diriku alumni dari MAN insan cendekia Jambi. Sekarang aku sedang menempuh pendidikan di university of the Thai Chamber of Commerce, Thailand dengan jurusan Business English. Aku dapat beasiswa yang dimana cuma cover untuk Tuition fee aja,  nggak seperti mahasiswa yang lainnya yang dapat beasiswa di luar negeri termasuk untuk hidup mereka juga. Hidup dinegara orang dengan uang seadanya bukanlah menjadi halangan untuk  meraih mimpiku supaya bisa mendapat gelar sarjana s1 dari luar negeri. Allah punya cara sendiri untuk menolong hamba-Nya yang sedang kesusahan, apalagi hamba-Nya sedang berjuang dijalan nya.

MAN CendekiaSudah lebih dari satu tahun aku kuliah di kampus UTCC (nama singkatnya) salah satu sekolah bisnis terbaik di Thailand. Dan hanya dengan mengandalkan uang dari orang tua yang walaupun tidak cukup membeli keperluan ku tetapi setidaknya bisa melengkapi kebutuhananku. Seperti yang aku bilang pada paragraf pertama, Allah bakal membantu hamba-Nya yang sedang kesusahan, apalagi hamba-Nya sedang berjuang dijalan nya. Tanpa espektasi yang begitu besar terkadang aku dapat rizeki yang tak terduga, mulai jadi guide orang Indonesia yang datang ke thailand, mengajar part time bahasa Indonesia untuk mahasiswa Thailand, mendapat part time yang rezeki nya Alhamdulillah halal untuk digunakan. Semua itu bukan aku dapatkan dengan cuma cuma, melainkan aku juga berusaha untuk mencarinya dan selalu berdoa supaya Allah bisa memberikannya kepadaku. Yah Alhamdulillah setidaknya Rizki itu bisa membuat aku bertahan sampai saat  ini untuk kuliah  dan hidup di kota metropolitan Bangkok ini.

Thailand1Bangkok mungkin di pikiran  kalian ibu kota yang bagus, sejarah kan Thailand dipimpin oleh raja, mungkin kalian berpikir negara ini seperti kerajaan yang apa apa serba istimewa. Thailand sama kok Sama negara negara yang lainnya, ada macet nya juga di jalanan, ada gedung tinggi yang menjulang seperti ibu kota Indonesia, ada tempat shopping yang dari rata rata terendah hingga untuk kaum bangsawan. Tetapi mungkin Thailand mempunyai ciri khas tersendiri yang membuat para turis datang ke sini dan menikmati keindahan Pariwisata nya. Tidak dapat dipungkiri begitu banyak turis yang datang ke Thailand setiap tahunnya, mulai dari negara Asia hingga Eropa yang jauh nun sana. Terkadang aku ingin meneliti kenapa begitu banyaknya turis yang datang ke Thailand dibandingkan Indonesia yang di mana Pariwisata di negeri kita tidak kalah bagusnya dengan Thailand, tapi yah itu di skip dulu, itu adalah tugas aku nanti nya. Dan kita duta bangsa Indonesia yang lagi berjuang untuk Indonesia supaya bisa membawa Indonesia lebih baik kedepannya, (sok bijak hee….).

Thailand2Sekarang aku lagi on the way ke semester 3 dimana di semester tersebut beberapa subject sudah fokus untuk jurusan business english, jadi aku harus belajar lebih giat lagi supaya bisa mempertahankan beasiswa aku sampe tahun terakhir, aku punya sedikit info, karena beasiswa yang aku dapat itu langsung dari kampus tanpa ada campur tangan dari Pemerintahan Indonesia jadi aku harus menandatangani beberapa perjanjian seperti harus mendapatkan IPK diatas tiga atau minimnya tiga, dan harus aktif di beberapa aktivitas kampus. Itu persyaratan dalam garis besarnya ya. Alhamdulillah sampai detik ini aku masih aman untuk beasiswa. Jangan kalian berpikir  dapat beasiswa itu enak, apalagi beasiswa kuliah diluar negeri, banyak orang bilang  untuk mereka yang dapat keberuntungan untuk kuliah diluar negeri itu enak, bahagia, dan bebas dari rasa sakit apapun. Kalau yang kalian katakan itu benar kalian bisa deh coba bukti kan sendiri jika kalian mendapatkan keberuntungan itu nantinya. Untuk kita sebagai duta mahasiswa Indonesia yang mendapatkan keberuntungan atau rizeki untuk menempuh pendidikan diluar negeri begitu banyak cobaan dan rintangan yang kita hadapi disini, mulai dari membagi waktu untuk kuliah dan organisasi kampus, sama membagi waktu bagi yang aktif di komunitas persatuan pelajar Indonesia di negara yang mereka tuju. Kita di tuntut untuk menjaga segala hal dan mempertimbangkan segala sesuatu demi harumnya nama Indonesia di luar negeri.

Thailand3Apa apa yang kita lakukan itu akan mengarahkan kepada Indonesia, contohnya kalo kita melakukan sesuatu yang buruk dikampus, atau bertengkar sama teman, teman teman kita dan guru kita bakalan menanyakan dari mana asal kita, atau pada saat kita bergaul sama teman dari negara yang berbeda dan pada saat itu kita tidak sengaja melakukan perbuatan yang buruk, itu juga akan menimbulkan efek buruk kepada Indonesia. Itu masih dalam ruang lingkup perjuangan mahasiswa Indonesia diluar negeri halangan maupun rintangan. Kuliah di luar negeri sama kok kayak Indonesia, kalo ada enaknya pasti ada nggak enaknya juga. Yah tergantung kitanya lagi gimana ngadapin situasi kayak itu.

Thailand4Ok next point aku bakalan membahas masalah agama, karena minornya agama Islam disini membuat kita para pengikut umat Islam harus benar benar taat menjalankan dan mempertahankan akidah Islam, mulai dari susahnya ditemukan makanan halal, masjid untuk sholat dan juga pergaulan yang terkadang bertolak belakang dengan agama Islam. Disini aku lebih dominan punya teman non-muslim di kampus, karena di Thailand ini banyak masyarakat nya yang masih mengikuti aliran Budha ketimbang Islam.

Sejarah di kampus, aku adalah salah satu mahasiswa pertama yang pakek hijab utuh menutup kepala, aku punya teman dari Pakistan dia juga muslimah tapi hanya menutup kepala setengah seperti ibu ibu pejabat Indonesia.(tidak ada niat menyindir ya hee….). Tapi tidak kalah juga dengan teman teman Muslim aku yang asli Thailand, sebagian mereka ada yang masih menganut sistem Islam traditional dan sebagian dari mereka sudah modern, maksud aku Islam traditional disini mereka yang dimana masih memegang teguh perintah Islam, seperti makan harus di Warung halal, pergaulan masih sangat menjaga dengan sama yang non-Islam. Dan Islam modern disini maksud aku mereka yang sudah menerima dunia luar, makan boleh dimana saja tapi bukan makan babi dan sebagainya. Islam di Thailand terbuka kok, walau sebagian masih ada masyarakat fana yang menganggap kita teroris.

Thailand5

Pertama kali aku ke thailand dan kuliah di utcc, pertanyaan pertama yang teman aku tanyakan adalah “kenapa aku memakai hijab? Dan apakah Islam itu teroris?”Itu garis besar pertanyaan dari mereka. Yah mau nggak mau kita harus mencoba untuk menjelaskan nya dengan mereka sampai mereka paham apa itu Islam. Sebagian dari mereka yang non-muslim sudah banyak menerima diriku sebagai teman dan mereka juga nggak kalah perhatian nya sama teman muslim. Kalau mau menawarkan makanan, mereka akan memastikan kalo makanannya halal dan bisa aku  makan, dan terkadang bagi mereka yang sudah benar memahami Islam mereka akan mengingatkan waktu sholat kita atau menanyakan apakah kita sudah sholat belum. Itu garis besar agama Islam di thailand.

Aku mau membahas tentang lingkungan hidup di Thailand .Mungkin bagi mereka yang tinggal di ibu kota Jakarta atau kota kota maju lainnya di Indonesia, tidaklah kaget dengan pergaulan yang ada di Thailand ini, terutama di ibukotanya yaitu Bangkok. Saya pernah liat video dimana 10 tahun lalu negara Thailand ditimpa musibah yaitu dimana banyak bayi lahir tanpa di inginkan (harus mencoba memahami maknanya ya :)) karena pergaulan mahasiswa atau masyarakatnya yang begitu bebas. Dan seiring nya berjalan waktu pemerintahan Thailand mencoba menanggulangi masalah ini. Hubungan sexs bebas sangatlah lumrah disini dan dari itu kalian bisa sangat mudah menemukan kondom disekitar tokoh terdekat atau di jual langsung di apartemen tempat tinggal kita.

Thailand6Homo dan lesbian tidak Lah asing lagi di Thailand, karena sudah banyak masyarakat disini yang transgender ataupun mengganti jenis kelamin mereka, sebenarnya tidak bisa dikatakan kalo Pemerintah Thailand telah memperbolehkan mereka tetapi tidak ada aturan untuk kaum tersebut. Jadi bisa di katakan Pemerintah tidak terlalu fokus pada masalah homo, lesbian, dan transgender disini. Memperilakukan kaum tersebut sama kok sama kaum biasa seperti kita, tidak ada namanya perbedaan diantara kita dan mereka.

Terakhir aku mau bahas masalah Indonesia. INDONESIA adalah sebuah negara yang begitu besar dan luas, memiliki kekayaan alam yang begitu melimpah mulai dari SDA ataupun SDM nya. Sangatlah jelas alasan kenapa dulu kita dijajah, sebagai duta bangsa aku merasa besar tanggung jawab terhadap Indonesia. Dan seperti pemerintahan Indonesia sangatlah menghargai perjuangan mahasiswa mahasiswa ny di luar negara Indonesia. Diluar sini jangan pernah ada rasa takut untuk kalian melakukan apapun, karena kalian tidak Lah sendiri disini. Diluar sini kita mempunyai kedutaan Indonesia dan persatuan pelajar Indonesia. Kedutaan Indonesia siap membantu kita kapanpun dan bagaimanapun, dan juga teman teman seperjuangan kita di luar sini tidak kalah juga dalam mengayomi satu sama lain dan mendorong kita menjadi lebih baik kedepannya. Kedutaan Indonesia dan persatuan pelajar Indonesia di luar sini sangatlah penting bagi kalian yang kuliah diluar negeri.

PermithaKalian bisa follow ig kita (ppithailand) untuk mengetahui kegiatan apa saja yang lagi update antar pelajar Indonesia ataupun berita dari Thailand tersendiri.

Thailand7Sekian dari saya, semoga bisa membantu kalian dalam mencari informasi tentang Thailand ataupun lainnya. Kalau ada yang ingin ditanyakan kalian bisa menanyakan melalui e-mail (chindyfitridani1997@gmail.com) atau add Facebook saya Chindy Fitridani. Thank you

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here