Karikatur KTP Palsu

KABARJAMBI.NET, BANGKO – Syafrinur (40) terpaksa meringkuk di Sel tahanan Mapolres Merangin. Pria asal Pekan Baru, Riau ini ditangkap karena ketahuan membuat KTP dan Kartu Keluarga (KK) palsu yang dilakoninya sejak 10 bulan lalu.

Pengakuan Syafrinur, sejak bulan Maret 2017 lalu dirinya sudah mencetak puluhan KTP dan KK palsu di tokonya. KTP dan KK palsu tersebut dicetaknya atas pesanan warga yang ingin mengurus persyaratan untuk mengajukan kredit di leasing.

“Ya mulai sekitar bulan Maret lalu, saya buat di toko saya sendiri. Saya buatkan itu kalau ada orang datang meminta dibutkan ya saya buatkan,” ujarnya.

Ia akui, dari kerja sampingannya tersebut, ia mendapatkan bayaran dari Rp 10 ribu dan Rp 40 ribu per lembarnya. “Mereka bayar berapa tidak menentu, ada yang satu KTP Rp 10 Ribu, kalau KK dan KTP juga Rp 50 Ribu,” sebutnya.

Kapolres Merangin, AKBP I Kade Utama, melalui Kasat Reskrim, AKP Sandi membenarkan telah diamankannya seorang warga yang diduga membuat KTP dan KK palsu tersebut.

“Ya sudah diamankan. Mendapat laporan adanya KTP palsu beredar. Setelah kita lakukan penyelidikan dan berhasil kita amankan pelakunya,” ujarnya.

Pelaku sudah diamankan di Mapolres Merangin. Selain tersangka juga diamankan beberapa barang bukti. “Tersangka kita jerat dengan UU tentang administrasi kependudukan dengan ancaman maksimal 10 tahun penjara,” ujarnya lagi.(May)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here