Kabarjambi.net – Beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi telah mengadakan rapat teknis dalam persiapan musim penghujan dengan mengumumkan status waspada. Sekarang, empat kecamatan di Kota Jambi sudah digenangi oleh banjir hingga mencapai ketinggian lutut orang dewasa.

Empat kecamatan itu terdiri dari, Kecamatan Pelayangan, Kecamatan Telanaipura, Danau Teluk, serta Kecamatan Jambi Timur, yang sudah tergenang banjir, akibat intensitas curah hujan yang cukup tinggi.

Mengetahui dikawasannya telah digenangi banjir, Camat Jambi Timur Rahmad Sugiarto langsung merespon sejak dini mengenai kesiapsiagaan jika terjadinya bencana banjir dalam memasuki musim penghujan ini.

Ia menjelaskan, dalam Kesiapsiagaan itu, dirinya telah berkoordinasi dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jambi dalam bantuan logistik, seperti pertolongan keamanan, penginapan serta bahan makanan juga obat-obatan bagi warganya yang mengenai dampak banjir.

“Kemungkinan-kemungkinan terburuk kali ini sudah kita persiapkan dalam menghadapi musim penghujan kali ini, baik dari lokasi evakuasi kemudian persiapan dapur umum, cuman jika waktunya sudah harus kita jalankan, maka itu akan kita jalankan,” terangnya kepada Kabarjambi.net saat dihubungi melalui selulernya itu, Sabtu (26/11/2016)

Ia melanjutkan, selain dari itu, untuk personel bantuan tanggap bencana pun telah ia persiapkan baik dari regu-regu yang terdiri dari masyarakat di Kecamatan dan pihak BPBD sekaligus yang telah dilantik untuk hadapi musim penghujan ini.

“Jadi disini saya juga menghimbau, dalam memasuki musim penghujan ini, agar warga lebih berhati-hati dengan lingkungan yang kini sedang digenangi banjir, apalagi kepada anak-anak untuk lebih dijaga, agar terhindar dari hewan-hewan yang kemungkinan besar dapat tiba-tiba muncul yang dianggap membahayakan itu,”himbau Rahmad

“Serta hindari kontak langsung dengan air yang tergenang, takutnya jika terjadi banjir bandang yang kita takutkan itu adanya korban, maka dari itu jika dikawasan dianggap sudah sangat membahayakan maka segera laporkan ke RT setempat, agar segera dilaporkan ke Kelurahan dan nanti kita dari pihak kecamatan bakal lakukan evakuasi yang telah kita persiapkan saat ini,” tukasnya sigap. (fa)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY