KabarJambi.net – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi menyebutkan seluas 39 ribu hektare lebih lahan di provinsi ini sudah terbakar terhitung Juni-September 2016.

Kepala BPBD Provinsi Jambi Arif Munandar mengatakan, dari luasan lahan yang terbakar itu, Satuan Tugas (Satgas) kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Jambi sudah mengamankan 35 orang tersangka pelaku pembakaran.

“Sedangkan progres pemadaman oleh Satgas Karhutla seluas, 35 hektare sejak Juni 2016,” kata Arif.

Untuk meminimalisir kebakaran lahan dan hutan Satgas Provinsi Jambi, kata Arif, rutin memantau titik api melalui patroli udara menggunakan helikopter bantuan BNPB.

“Kemarin tim Satgas menggunakan heli bell 209 melakukan patroli udara di wilayah Kabupaten Merangin, Batanghari dan Muarojambi. Dari hasil patroli tidak ditemukan titik api,” katanya.

Patroli darat, kata Arif, juga terus dilakukan oleh masing-masing Satgas kabupaten/kota sesuai instruksi Dansatgas Karhutla provinsi.

Selain itu, Satgas Karhutla Jambi juga terus melaksanakan rapat rutin penanganan karhutla di posko utama Satgas yakni di Bandara Sultan Thaha yang lama.

“Rapat penanganan Karhutla juga terus dilakukan. Ini upaya Jambi dalam mencegah dan menangani kebakaran hutan dan lahan yang menyebakan bencana kabut asap,” katanya menambahkan.(***)

Sumber : Antara

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY