KABARJAMBI.NET, Jambi – Kejutan terjadi di kantor Gubernur Jambi, Rabu (1/11) pagi. Mendadak dilakukan pemeriksaan urine kepada seluruh pejabat eselon II, III, dan IV. Bahkan Gubernur Jambi Zumi Zola juga ikut diperiksa urinenya.

Tidak tanggung-tanggung. Zumi Zola menjadi orang pertama yang menjalani pemeriksaan urine. Baru kemudian diikuti oleh ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN). Hasilnya, urine Zumi Zola dipastikan tidak mengandung narkoba.

Zumi Zola mengatakan pemeriksaan urine serentak itu sengaja dilakukan diam-diam. Rencana melakukan pemeriksaan urine ditutupnya rapat-rapat sehingga hampir tidak ada yang mengetahuinya.

Dikatakan Zola, tujuannya adalah untuk memastikan kredibilitas pejabat dan ASN. Maka pihak Pemprov Jambi menggandeng Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) untuk pelaksanaan pemeriksaan urine ini.

“Sebenarnya sudah lama kami rencanakan. Namun sengaja ditutup rapat-rapat sehingga kesannya mendadak sekali. Kita kerja sama dengan BNNP untuk melaksanakan pemeriksaan urine,” ujar Zola.

Zola mengatakan berharap pegawainya bersih, tidak ada yang hasil pemeriksaannya positif. Namun ia memastikan akan memberi sanksi tegas jika ada ASN yang terbukti urinenya mengandung narkoba.

“Kalau ada yang positif akan kami beri sanksi. Kita serahkan ke BKD untuk memprosesnya. Karena narkoba ini memang persoalan yang sangat serius. Hampir tiap minggu Kapolda dan jajaran menangkap gembong narkoba,” tutup Zola.(May)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here