Kabarjambi.net – Dalam meningkatkan pelayanan masyarakat di kantor Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi. Camat Jambi Timur, Rahmad Sugianto bakal melakukan terobosan baru untuk meningkatkan pelayanan masyarakat dalam melakukan pengurusan perizinan.

Terobosan baru yang bakal dicanangkan oleh Camat Jambi Timur itu yang dinamakan Jambi Timur Informasi Center and Service atau disingkat Jamtics yang akan mulai dilakukan pada awal tahun 2017 mendatang.

“Terobosan itu merupakan suatu bentuk kepedulian kita kepada warga Kecamatan Jambi Timur untuk mempermudah melakukan proses pelayanan izin-izin yang akan dilakukan,” ujar Rahmad saat ditemui Kabarjambi.net di ruang kerjanya, Senin (31/10/2016).

Ia juga menyebutkan, bahwa terobosan inovasi baru pelayanan tersebut juga sebagai bentuk menghindari adanya praktik pungli yang akan dilakukan oleh para oknum-oknum tidak bertanggungjawab nantinya.

“Jadi jika program itu telah kita canangkan nanti, dapat menghindari ataupun setidaknya bisa mencegah terhadap praktik pungli, karena masyarakat tidak lagi bersentuhan dengan petugas, tapi cukup dari rumah saja bisa mengurus izin-izin di Kecamatan Jambi Timur ini, melalui sistem online dari android yang dimiliki,” terangnya.

Selain itu, kata Rahmad kembali, dalam program Jamtics itu sendiri, juga ada namanya Deliveri Order yang nantinya petugas di Kecamatan Jambi Timur yang akan melakukannya.

“Deliveri Order itu merupakan suatu bentuk program yang ada di Jamtics itu sendiri, seperti, warga yang sudah mengurus izin dari sistim itu, jika telah lengkap dan disetujui nanti dalam itu ada tulisan apakah berkas warga itu akan diantarkan, jika warga ada yang merasa sibuk dan tak dapat mengambil berkas-berkas nya yang telah disetujui itu, maka petugas kita bakal antarkan ketujuan rumah warga tanpa adanya beban bayaran alias gratis,” terang mantan lurah tersebut yang kini dinobatkan sebagai juara 1 Camat Teladan Se-Kota Jambi 2016 yang diserahkan langsung oleh Walikota Jambi, Sy Fasha ME pada beberapa hari lalu.

Sistem yang ada di website Jamtics, seperti salah satunya sistem informasi data base kecamatan (sidak), data-data yang masuk dari masyarakat akan tersusun rapi.

“Data akan terarsif otomatis di komputer sehingga mempermudah petugas dalam mencari dokumen. Tidak perlu secara manual lagi,” tutur Rahmad

Tidak hanya di kecamatan saja, aplikasi di Android dibuat Rahmat, namun juga di tingkat kelurahan. “Semua itu ada di sistem elektronik yang diberi nama elektronik pelayanan kelurahan (e-yankel),” katanya.

Menurutnya segala sesuatu yang bersangkutan surat menyurat sudah bisa dibuat di aplikasi android tersebut, kecuali membuat e-KTP, surat tanah dan surat ahli waris.

Ke depan, Rahmad masih ada opsi lagi untuk memanjakan warganya. “Dengan adanya aplikasi ini, ada beberapa camat di Jambi akan mengikutinya sehingga tidak ada lagi pungli pada pelayanan masyarakat,” tukasnya. (fa)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY