Kabarjambi.net – Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi gelar kegiatan Education Expo Tahun 2016 yang dirangkai dengan kegiatan penyerahan bantuan biaya pendidikan dan beasiswa Baznas Kota Jambi Tahun 2016.

Kota Jambi merupakan sentral dunia pendidikan di Provinsi Jambi. Pesatnya perkembangan dunia pendidikan di Kota Jambi, menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat dan praktisi pendidikan baik dari dalam maupun luar Kota Jambi. Education Expo yang diselenggarakan Pemkot Jambi ini menjadi ajang sosialisasi dan promosi bagi seluruh lapisan masyarakat dan insan pendidikan.

Kegiatan ini menjadi semarak karena antusiasme peserta yang mendirikan stand sangat banyak. Hampir seluruh sekolah mulai dari tingkat sekolah menengah pertama sederajat hingga perguruan tinggi dan lembaga pendidikan lainnya,baik formal dan non formal ikut serta ambil bagian pada kegiatan ini. Mereka memamerkan seluruh potensi dan kreatifitas yang ada.

Kegiatan akbar dunia pendidikan ini dirangkai dengan kegiatan humanis Pemerintah Kota Jambi, yaitu penyerahan bantuan biaya pendidikan dan beasiswa Baznas Kota Jambi bagi pelajar dan mahasiswa. Bantuan tersebut merupakan hasil penerimaan Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) dari ASN dalam lingkup Pemkot Jambi, Kementerian Agama Kota Jambi, PDAM Tirta Mayang dan masyarakat Kota Jambi.

Periode November 2015 sampai Oktober 2016 telah berhasil dibukukan penerimaan ZIS sebesar Rp. 2.037.516.298, meningkat 239% dibandingkan periode sebelumnya yang hanya membukukan penerimaan sebesar Rp. 600.960.496. Tercatat pada tahun ke 15 (2016), terdapat 2.260 orang penerima manfaat bantuan biaya pendidikan yang terdiri dari 1.510 orang pelajar SD sederajat, 504 orang pelajar SMP sederajat, 224 oramg pelajar SMA sederajat, 22 orang mahasiswa dengan total nilai bantuan pendidikan sebesar Rp. 823.800.000.

Walikota Jambi H Syarif Fasha dalam sambutannya mengajak seluruh insan pendidikan di Kota Jambi untuk senantiasa meningkatkan kreatifitas dan menciptakan inovasi baru di dunia pendidikan. Fasha berharap ajang Education Expo ini menjadi ajang silaturahmi antar pengelola dan duni pendidikan di Kota Jambi, serta menjadi promosi dan keunggulan komparatif masing-masing lembaga pendidikan.

Walikota Fasha juga menekankan sinergitas antara peningkatan kualitas pendidikan dengan makin berkembangnya rasa kepedulian antar sesama. “Peningkatan mutu pendidikan memerlukan dukungan dari semua pihak. Semoga dengan adanya pemberian bantuan pendidikan ini dapat memacu semangat anak-anak kita agar kebih giat dalam belajar dan menggapai prestasi.” harap Fasha.

Walikota Fasha berharap agar kedepannya potensi penerimaan Zakat, Infaq dan Shadaqah dapat menjadi faktor penggerak ekonomi pembangunan seperti pajak. Karena Rasulullah telah memberi keteladanan dan contoh kongkrit bagaimana peranan ZIS dapat membangun pesat sistem pemerintahan Islam di masa lalu. Semoga Kota Jambi dapat mencontoh hal yang baik tersebut. (fa/adv)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY