KABARJAMBI.NET, Bangko – Banyaknya guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) memasuki masa usia pensiun di setiap tahunnya, membuat kekurangan guru diwilayah kabupaten Merangin kian membludak.

Bahkan memasuki tahun 2018 ini, dari data yang diperoleh dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Merangin, tercatat kekurangan sebanyak 1.147 orang guru tingkat SD dan SMP.

Bahkan mirisnya, dari 1.147 orang kekurang guru tersebut, tercatat sebanyak 147 orang guru di daerah terpencil yang masih kekurangan guru yang berstatus PNS ditingkat SD.

Hal ini bukan tanpa sebab, menumpuknya guru akibat banyak yang mengusulkan pindah ke daerah perkotaan juga menjadi kendala besar dalam pemerataan guru di Merangin.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Merangin M. Zubir, Melalui PTK Dikdas Ira Gustianingsih, membenarkan bahwa dari data analis kebutuhan guru PNS tingkat SD di daerah terpencil masih banyak kekurangan guru.

“Ya, dari data yang kita peroleh setiap UPTD di Kecamatan, itu ada sebanyak 147 orang guru PNS tingkat SD yang masih kekurangann guru didaerah terpencil. Itu dikarenakan adanya guru yang megajukan pindah ke Kota Bangko,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ira mengatakan, jika di tahun 2018 ini ada pengangkatan guru CPNS di Merangin, itu akan ditugaskan di daerah terpencil, guna mengisi kekosongan.

“Untuk jumlah formasi guru tingkat SD dan SMP sudah kita kirim ke BKD baru – baru ini, kalau SD terpencil ini terdapat di 8 Kecamatan dan 19 Desa di Merangin,” tandasnya.

Adapun nama Desa dan Kecamatan yang masih kekurangan guru didaerah terisolir yaitu, Kecamatan Nalo Tantan di Desa Petekun. Tabir Barat di Desa Air Liki, Batang Kibul, dan Desa Pulau Tebakar.

Sedangkan Kecamatan Tabir Timur, itu di Desa Sungai Limau, dan Desa Kembang Bungo. Kecamatan Muara Siau, terdapat di Desa Paradun Temeras, Teluk Sekumbang, Durian Lambun.

Sementara itu di Kecamatan Jangkat Timur, terdapat di Desa Pematang Pauh, Beringin Tinggi, dan Desa Talang Tembago. Sedangkan di Kecamatan Jangkat, kekurangan guru PNS ada di Renah Kemumu, Lubuk Pungguk, Lubuk Mentilin, Tanjung Kasri, Sungai Hitam. Kecamatan Masurai terdapat di Desa Rantau Jering, Tiang Pumpung dan Desa Rantau Limau Kapas.(aka)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here