KabarJambi.net – IAIN STS Jambi ternyata tidak hanya diminati oleh mahasiswa dalam negeri, namun juga diminati oleh mahasiswa dari luar negeri. Banyak mahasiswa dari Malaysia dan Thailand menuntut ilmu di kampus biru tersebut. “Mahasiswa yang berasal dari Patani, Thailand, pada tahun 2014 ada 22 orang, jumlah laki-laki 13 orang, dan perempuan 9 orang. yang sudah tamat kuliah, laki-laki 5 orang perempuan 1 orang,”  ungkap Abdul Basitchetae, Ketua Mahasiswa Thailand di Jambi.

Pada tahun 2016, mahasiswa asal Patani Thailand  yang kuliah di IAIN Jambi bertambah lagi 8 orang, dengan rincian laki-laki 4 orang dan perempuan 4 orang. Alasan mereka memilih kuliah di IAIN STS Jambi lataran di Thailand, sulit mendapatkan kampus Islam. “Mayoritas masyarakat di sana beragama Budha, jadi tidak ada kampus Islam,” ungkap Assesah Snonwong, salah satu mahasiswa asal Patani, Thailand, Kamis (29/9/2016).

Terkait kualitas, di Thailand diakuinya lebih baik dalam hal pendidikan umum dan fasilitas belajar, namun untuk ilmu ke Islaman, kualitas dosen di IAIN Jambi tidak kalah baiknya. “Cukup bangga bisa kuliah di IAIN ini, saya bisa mengenal lebih banyak budaya,” tutupnya.(nv)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY